Pasar Sport Fairing Makin Semarak

Persaingan di segmen motor sport fairing 150 cc, makin sengit saja. Pemain di segmen ini, yakni Yamaha, Honda dan Suzuki, telah menyiapkan strategi khusus untuk kalangan menengah dan tentunya anak-anak muda. Setelah jurus telah dikeluarkan oleh masing-maisng ATPM (Ageng Tunggal Pemegang Merek), mulai dari aktivitas pre sale , inden via jagad maya hingga menjual dengan harga diskon.

Honda CBR250RR Racing Honda CBR250RR Racing

All New Yamaha R 15 misalnya, yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tambahan teknologi dan diklaim melebihi kompetitornya, per 1 April lalu telah membuka pemesanan online bagi siapa saja yang berminat. Dan, hanya dalam tempo 20 menit sejak pemesanan dibuka, 155 unit motor R 15 langsung ludes. Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku ATPM Yamaha di Tanah Air, langsung menutup aktivitas tersebut karena sudah sold out. Padahal, All New R 15, dijual dengan harga sekitar Rp 32 juta-an, paling mahal dibanding kompetitornya.

Sementara Suzuki GSX-150 series yang diluncurkan sejak tiga bulan lalu, telah terjual lebih dari 11 ribu unit. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)—ATPM Suzuki di Indonesia—menjual dengan harga diskon, atau lebih rendah dibanding kompetitornya. Karena animo konsumen yang begitu antusias, maka SIS telah memperpanjang masa promo tersebut hingga Mei mendatang.

Yamaha R15 Yamaha R15

Menurut Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM)—Agen Tunggal Pemegang Merek Honda, munculnya beragama model baru di segmen motor sport 150 cc justru bagus dan memperbanyaki pilihan kepada konsumen. Untuk ke depan, pasar di segmen ini bakal berkembang lagi. Kawasaki Ninja 250R

Thomas menambahkan, dengan munculnya kompetitor, pihaknya masih yakin dengan model sport full fairing 150 cc yakni Honda CBR150R. Motor ini memiliki keunggulan, baik dari desain maupun performa jika dibandingkan dengan para kompetitornya, bahkan harganya sekalipun. Meksi lebih mahal, namun tampaknya sudah sepadan dengan spesifikasi yang dibawanya. “Seperti yang sudah kita utarakan saat launching (Honda CBR150RR), model ini punya kelebihan dari desain yang tajam dan sporty. Kedua, dari segi performa, teknologi mesin 150 cc kita ini masih baru, dan kita masih percaya ini masih sesuai dengan konsumen di Indonesia,” ungkapnya disela-sela peluncuran Honda New Scoopy di Gandaria City (Rabu 29/3/2017).

Honda masih belum menluncurkan produk baru sambil menunggu melihat pergerakan pasar meski sudah muncul R15 dan GSX Series. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)