Pasarina Tawarkan Pengalaman Belanja dengan Metaverse

Pasarina
Dengan luas 1.200 m2, Pasarina menawarkan kurasi berbagai produk lokal unggulan yang bersanding dengan produk impor. (Foto: Vina Anggita)

PT Supra Boga Lestari, Tbk memperkenalkan brand baru dari Ranch Market yaitu Pasarina, supermarket lokal premium yang menyediakan produk lokal unggul berupa hasil bumi dan boga bahari terbaik dari segenap penjuru Nusantara.

Pasarina mengusung konsep Traditional Meet Modern, di mana produk lokal akan bersanding dengan produk impor pilihan. Beberapa contoh produk lokal yang ditampilkan adalah aneka teh daun, kecap, bumbu, jamu, cokelat, makanan jadul, hingga mainan tradisional. Adapun store pertama berlokasi di Sarinah, mal pertama di Indonesia yang sarat dengan sejarah dan mengedepankan produk lokal.

"Pasarina diambil dari kata Pasar dan Sarinah. Selain lokasinya di Sarinah, kami mengusung konsep Traditional Meet Modern. Selama ini kita tahu Ranch Market menyediakan produk-produk impor, tetapi khusus di Pasarina kami menggabungkan produk lokal dengan impor. Komposisinya 50:50," ujar Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk saat media gathering di Jakarta, Rabu (22/06/2022).

Dengan ditampilkannya produk unggul dari seluruh Indonesia, Pasarina mengajak masyarakat untuk mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk tersebut. Cokelat asal Kupang, Nusa Tenggara Timur misalnya, belum banyak yang tahu bahwa Kupang menghasilkan cokelat berkualitas dengan packaging yang menarik.

Oleh karenanya, Maria berharap dengan adanya Pasarina, masyarakat dapat ikut mendukung usaha mikro di berbagai wilayah Indonesia untuk terus menghasilkan produk bermutu tinggi sambil memenuhi kebutuhan harian. "Pasarina sebenarnya sudah kami buka sejak 27 Mei lalu, dan antusias dari pengunjung cukup bagus. Dukungan ini akan membawa pada peningkatan tingkat kehidupan masyarakat produsen produk-produk tersebut," katanya.

Menariknya, di Pasarina, pengunjung dapat merasakan pengalaman baru dalam berbelanja melalui teknologi metaverse yang saat ini sedang dikembangkan oleh perusahaan. Dengan teknologi ini, pengunjung dapat melihat benda-benda seperti ikan, botol kecap, biji kopi, keranjang buah dalam ukuran besar yang melayang-layang di atas kepala. Teknologi ini juga dapat memudahkan pengunjung mengenali produk yang menjadi kebutuhannya.

Pengalaman metaverse tersebut dapat dinikmati pengunjung dengan mengakses aplikasi Trust Live. Ada tiga fitur utama yang dihadirkan. Pertama Guidebot, robot asisten virtual yang akan menemani pengunjung untuk mencari semua kebutuhan. Pengunjung dapat menggunakan fitur ini dengan mengaktifkan fungsi search/pencarian pada sisi kanan atas aplikasi. Pengunjung dapat memasukkan nama produk yang dicari, misalnya: kecap, ikan tenggiri, kopi, durian, dan produk lainnya.

Nantinya di aplikasi tersebut akan muncul robot yang siap menemani pengunjung berjalan menuju tempat yang diinginkan. Misalnya saat mencari ikan tuna, maka robot akan menemani ke bagian “Boga Bahari Nusantara”. "Dengan fitur ini seakan-akan setiap pengunjung mendapatkan asisten pribadi yang siap menemani setiap saat setiap waktu," jelas Maria.

Kedua Augmented Reality (AR), di mana akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi dan virtual product knowledge untuk memberikan informasi produk. Ketiga Gamification, layaknya treasure hunt atau perburuan harta karun, para pengunjung dapat melakukan perburuan berbagai petunjuk berbentuk virtual. Pengunjung dapat melakukan screenshot/selfie bersama dengan petunjuk yang ada dan mendapatkan reward menarik seperti produk gratis atau potongan harga. Pengunjung juga dapat mengikut kompetisi di media sosial dengan mengunggah hasil dari treasure hunt yang dilakukannya.

Fitur AR yang menampilkan benda-benda virtual 3 dimensi. (Foto: Vina Anggita)

"Aplikasi ini menjawab tantangan yang selalu ditanyakan konsumen. Karena dunia metaverse di luar sedang ramai sehingga mereka juga ingin tahu meteverse itu apa. Dengan adanya teknologi ini, kami harap dapat memberikan satu pengalaman belanja yang menyenangkan kepada konsumen," ucap Maria.

Selain itu, kata dia, metaverse ini juga sebagai salah satu strategi perusahaan untuk menghadapi para pemain online yang kian menjamur. "Bagaimana kita menyiasati supaya orang mau belanja ke offline. Makanya kita hadirkan experience ini," imbuh Maria yang menyebut Trust Live secepatnya akan bisa diakses oleh pengunjung pada awal Juli nanti.

Ke depannya, aplikasi Trust Live juga akan tersedia untuk brand lain milik PT Supra Boga Lestari, Tbk seperti Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet, Farmers Family dan Day2Day. Menurut Maria, fitur brand metaverse Trust Live ini dikembangman dan dipersiapkan khusus oleh Metaverse Studio Indonesia untuk Ranch Market Group. Sebagai bagian dari Blibli.com, virtual shopping produk Pasarina juga dapat dilakukan dengan mudah di portal e-commerce Blibli.com. Masyarakat pun memiliki pilihan untuk kenyamanan berbelanja langsung di toko fisik maupun berbelanja dari rumah.

"Kami harap Pasarina akan membawa produk hasil bumi to the next level. Dan masyarakat juga akan punya pemahaman mengenai asal produk-produk tersebut, serta bisa menikmati teknologinya," tutur Maria. Hingga akhir tahun, perusahaan menargetkan akan melakukan ekspansi 3-4 toko lagi di Jakarta dan Makassar.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)