Peduli Juragan Perempuan, Warung Pintar Diapresiasi UN Women

Warung Pintar Group menjadi pemenang honourable mentions dalam ajang penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards yang diadakan oleh UN Women Indonesia. Warung Pintar meraih penghargaan pada Kategori Transparency and Reporting.

“Apresiasi ini atas komitmen perusahaan terhadap transparansi dan pelaporan data gender yang melampaui persyaratan minimum dan berupaya mengukur, menganalisis, dan melaporkan kinerja kebijakan dan praktik bisnis responsif gender yang dilaksanakan di seluruh rantai nilai bisnis, termasuk para juragan perempuan,” ungkap  Agung Bezharie Hadinegoro, CEO Warung Pintar Group dalam keterangan tertulis (22/10/2021).

Ajang yang telah diadakan pertama kalinya di tahun 2020 merupakan penghargaan kepada sektor swasta di Indonesia atas inisiatifnya untuk mengatasi ketimpangan gender dan mendukung partisipasi aktif perempuan dalam mendukung perekonomian nasional, ajang ini sejalan dengan nilai yang dipegang oleh Warung Pintar. Sejak hari pertama berdiri, Warung Pintar mempunyai visi untuk membawa inklusivitas teknologi dan ekonomi untuk berbagai kalangan termasuk kaum perempuan.

Agung menjelaskan, Warung Pintar menghadirkan solusi  dengan mengintegrasikan seluruh pemain dalam ekosistem bisnis warung mulai dari pemilik warung maupun toko kelontong, pengusaha grosir, distributor, hingga brand. Solusi ini memungkinkan seluruh pemain dapat tumbuh bersama termasuk para juragan perempuan yang tercatat jumlahnya adalah 56% dari total juragan yang bergabung dengan Warung Pintar.

Dengan bergabung dalam ekosistem Warung Pintar dan menggunakan aplikasinya, juragan mendapatkan solusi mengelola bisnis warung dalam 1 aplikasi. Mulai dari kemudahan membeli stok barang, juragan dapat memilih sumber stok barang dengan mudah sesuai kebutuhan dengan harga kompetitif tanpa harus keluar rumah, juragan dapat menghemat waktu hingga 2 jam.

Berdasarkan penelitian Warung Pintar, waktu tersebut memungkinkan juragan perempuan dapat mengurus rumah tangga, memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga khususnya anak, sambil menjaga warungnya. Tidak hanya itu, juragan juga dapat menghemat biaya operasional yang biasa digunakan untuk beli stok di pasar hingga Rp 600.000 per bulan yang digunakan untuk membeli makanan bergizi hingga sekolah anak. Terlebih di tengah pandemi melanda, berbagai sektor mengalami kesulitan dan terpaksa memberlakukan Pemutusan  Hubungan Kerja (PHK), ibu rumah tangga yang buka usaha warung menjadi penyokong ekonomi keluarga.

Salah satu cerita juragan perempuan yang bergabung dengan Warung Pintar adalah Indrawati yang kerap disapa Iin yang telah bergabung bersama Warung Pintar sejak November 2020. Jelas di benak Juragan Iin beberapa tahun silam segala kesulitannya sebelum bergabung dengan Warung Pintar, kondisi warung yang berada di gang kecil membuatnya sulit mendapatkan akses stok barang terbaik karena warungnya tidak terjangkau oleh sales.

Saat pandemi melanda, ketahanan Iin sebagai pelaku bisnis mikro semakin diuji. Melonjaknya biaya operasional karena pilihan agen dan toko grosir yang tersedia semakin terbatas, banyak agen dan toko grosir langganannya terdampak pandemi dan akhirnya harus tutup sementara. Di saat dia terpikir untuk menutup warungnya karena kehabisan modal, akhir tahun 2020 Warung Pintar hadir dengan layanan terbarunya yaitu Grosir Pintar. Layanan ini mengintegrasi toko grosir kedalam ekosistem Warung Pintar sehingga warung yang terletak di area gang dapat bergabung dan dilayani oleh Grosir Pintar karena pengantarannya menggunakan motor.

Teknologi dapat memberikan akses bagi perempuan untuk dapat berkontribusi lebih besar dalam menyokong ekonomi keluarga. Warung Pintar secara aktif memberdayakan dan mendorong pertumbuhan juragan warung perempuan yang tercatat jumlah perempuan mengalami kenaikan , 10% dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan riset internal yang dilakukan Warung Pintar, skala keterlibatan perempuan dalam proses bisnis warung adalah 7.29/10 yang artinya sangat tinggi peran Perempuan dalam keterlibatannya menjadi pengambil keputusan dalam bisnis warung meliputi pemesanan barang, penyelesaian masalah operasional, strategi pemasaran hingga strategi pengembagan bisnis. Respon pasangan atau keluarga juga positif sehingga semakin membentuk kesetaraan gender antara perempuan dan pasangannya dalam rumah tangga.

“Penghargaan ini semakin memberi semangat kami untuk terus mendorong inklusivitas akses teknologi untuk menghadirkan dampak secara menyeluruh bagi warung dan komunitasnya termasuk dalam hal kesetaraan gender. Kami percaya, semakin besar dampak Warung Pintar terhadap juragan perempuan, semakin besar pula kontribusi yang mereka berikan untuk kesejahteraan keluarganya,”  jelas  Agung.

Warung Pintar Group adalah perusahaan teknologi bisnis ritel baru dengan misi mentransformasi jutaan bisnis ritel mikro yang terfragmentasi, terutama warung, demi masa depan perekonomian Indonesia. Setelah mengumumkan akuisisi Bizzy Digital, perusahaan startup logistik B2B pada awal 2021, Warung Pintar Group melakukan ekspansi dengan memberikan solusi  pada ekosistem bisnis warung, bahkan brand, pemilik warung, pengusaha grosir dan distributor. Sejak berdiri pada November 2017, Warung Pintar Group telah bekerja sama dengan 500 merek, melayani 500, ribu usaha ritel di lebih dari 200 kota, dan mendukung jaringan distributor se-Indonesia melalui semangat inklusivitas dan gotong royong. Warung Pintar Group telah menerima investasi dari sejumlah investor ternama, seperti East Ventures, EV Growth, SMDV, Vertex Ventures, Pavilion Capital, Line Ventures, Digital Garage, serta  AC Ventures.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)