Peek Me Naturals Raih Juara Pertama The Big Start Indonesia

The Big Start Indonesia, web series kompetisi hasil inisiasi Blibli.com dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal telah melahirkan creativepreneur baru, yakni Arlin Chondro, dengan brand Peek Me Naturals yang membuat produk dari bahan alami dan organik. Arlin berhasil lolos menjadi juara pertama setelah mengungguli Dhamar Perbangkara, founder Gauri Art Division dan Rowland Asfales, founder Pijakbumi dalam presentasi rencana bisnis di depan Dewan Juri.

Selebrasi foto bersama antara para pemenang The Big Start Indonesia di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, (28/10). Selebrasi foto bersama antara para pemenang The Big Start Indonesia di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, (28/10).

Berawal dari ketekunannya untuk mencari terapi alternatif bagi anaknya yang menderita alergi dan asma, Arlin melakukan riset tentang kegunaan medis dari minyak atsiri yang ternyata membawa dirinya terjun ke dalam dunia bisnis. Hingga saat ini, Peek Me Naturals telah memiliki pelanggan di 5 pulau besar di Indonesia juga di Jepang, Singapura dan Amerika. Arlin Chondro mendapatkan gelar sarjana dama bidang psikologi dari Universitas UC Berkeley dan memiliki cita-cita agar orang Indonesia lebih mengenal produk dari bahan alami dan organik.

Arlin Chondro, mengatakan bahwa ke depannya akan mengembangkan bisnis supaya memajukan entrepreneur Indonesia. “Pengalaman saya selama mengikuti program ini akan membantu saya semakin mengembangkan Peek Me Naturals. Saya berharap Blibli.com akan terus mempertahankan program The Big Start Indonesia sehingga akan lebih banyak pengusaha perintis yang mendapat manfaatnya,” ujarnya saat Babak Grand Final The Big Start Indonesia, di Jakarta.

Adapun dari awal kompetisi The Big Start Indonesia diluncurkan sejak bulan Juli 2016, kompetisi ini menerima lebih dari 13.000 pengusaha kreatif. Dari banyaknya pengusaha kreatif yang mendaftar, para dewan juri memilih 100 besar pengusaha kreatif yang akan di seleksi lagi menjadi 20 finalis yang berkesempatan megikuti karantina di Jakarta.

Dewan juri terdiri dari Triawan Munaf, Kepala BEKRAF, Daniel Mananta, Founder & CEO DAMN! | Love Indonesia, Renitasari Adrian, Direktur Program Bakti Budaya Djarum Foundation, Stephanie Yoe, Babson Global Ambassador for Indonesia & Business Development Manager Blibli.com, Henry C. Widjaja, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Tantangan terakhir dari juri berupa sebuah presentasi tentang brand mereka dengan konsep baru, yang telah mereka garap saat masa karantina kompetisi The Big Start Indonesia. Tantangan inilah yang akan menentukan pemenang dari The Big Start Indonesia dan berhak mendapatkan hadiah utama total modal usaha sebesar 1 miliar rupiah serta didaftarkan mereknya untuk mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI), mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli, dan kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi dan networking.

Kriteria penilaian tim juri pun mengacu kepada tiga aspek yaitu inovasi, kreatifitas, dan keunikan dari masing-masing produk, serta kriteria tambahan saat proses karantina, yaitu kepribadian dari masing-masing peserta juga kepemimpinan. "Kami berharap The Big Start Indonesia menjadi pembangkit semangat pengusaha kreatif Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka melalui hasil karya yang inovatif, kreatif dan memiliki keunikan agar bisa bersaing di dalam maupun luar negeri," ujar Kusumo Martanto, Chief Executive Officer Blibli.com.

Walau baru pertama kali diadakan di Indonesia, kompetisi ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Selama satu bulan periode tayang web series sebanyak 11 episode, The Big Start Indonesia telah menarik lebih dari 10 juta viewer dan mendapatkan lebih dari 4.000 subscriber pada kanal Youtube. Selain itu, The Big Start Indonesia berhasil mencapai 180 juta reach dengan lebih dari 35.000 page likes pada akun Facebook The Big Start Indonesia, dan akun Instagram memperoleh 5.400 follower dalam kurun waktu yang sama.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)