Pegadaian Bangun Kolaborasi dengan 21 Perusahaan

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan dan pemasaran produk masing-masing perusahaan.
 

Sebagai upaya mewujudkan inklusi layanan industri keuangan Indonesia di era sharing economy, PT Pegadaian (Persero) membangun kolaborasi program layanan dengan tujuh BUMN dan 14 perusahaan swasta, serta UMKM di Bandung, Jawa Barat.

"Di era revolusi digital 4.0 muncul tren ekonomi kolaborasi atau sharing-economy yang melibatkan banyak pihak, dan semua pihak yang menjalankannya mendapatkan manfaat. Oleh karena itu, Pegadaian terus berusaha membangun jalinan kolaborasi sambil mengembangkan sayap bisnis melalui kerja sama dengan berbagai BUMN, swasta, UMKM, perguruan tinggi, dan asosiasi," kata Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto dalam keterangan persnya di Bandung, (5/9/2019).

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman antara Pegadaian dengan 21 perusahaan BUMN dan swasta yaitu PT Pos Indonesia (Persero), PT Len Industri (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pindad (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Dahana (Persero), PT INTI (Persero), PT Dian Megah Indo Perkasa.

Lalu Yayasan Solusi Bersinar Indonesia, KUD Mitra Karya, Koperasi Citra Telekomunikasi, BULOG Regional Jawa Barat, PT Astra Internasional, Forum HR & GA Purwakarta, PT Jayamandiri Gemasejati, PT Istana Bandung Raya Motor, PT Tunas Mobilindo Perkasa, PT Mahligai Puteri Berlian, PT Sentra Yasa Prima, Sentra Anugrah Motor, dan Bintang Rejeki Motor.

Kuswiyoto menambahkan, melalui kolaborasi semacam ini membuka kesempatan untuk meningkatkan volume penjualan dan pemasaran produk masing-masing perusahaan sehingga dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak.

"Keuntungan tersebut karena sumber daya manusia (SDM) milik Pegadaian dapat dioptimalkan oleh semua pihak sehingga sinergi untuk mewujudkan One Family, One Nation, One Vision to Excellence semakin nyata," lanjutnya.

Selain itu, kata dia, semua pihak dapat memanfaatkan kapasitas dan kapabilitas dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan bisnis usaha sesuai bidang masing-masing perusahaan. "Kita harus dapat saling berkolaborasi untuk solusi keuangan yang kompetitif melalui kerja sama dengan berbagai badan hukum, karena ke depannya masih banyak tekanan yang hadir dari era disrupsi," dia menyarankan.

Ia juga mengatakan, bahwa seluruh karyawan semua pihak turut mendapatkan keuntungan satu sama lain. Pada dasarnya, kolaborasi ini dapat mengoptimalkan setiap kekuatan bisnis masing-masing perusahaan, memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa, dan memberikan nilai tambah bagi kontribusi positif pada negara.

Sebagai informasi, dari bulan Maret 2019 hingga Agustus 2019 Pegadaian telah melaksanakan kolaborasi bisnis dengan perusahaan BUMN serta swasta yang masing-masing mencapai 19 BUMN dan delapan swasta. Tidak hanya itu, perseroan juga menjalin kolaborasi dengan 29 Perguruan Tinggi, dan 4 asosiasi di seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)