Pegadaian Siap Melayani Lonjakan Nasabah Jelang Lebaran

Sunarso

PT Pegadaian (Persero) telah menyiapkan pelayanan menghadapi lonjakan nasabah yang ingin menebus barangnya setelah mendapat gaji ke-13 dan THR para PNS. Termasuk meningkatkan keamanan nasabah yang bertransaksi di gerai-gerainya dengan melengkapi kamera CCTV dan bekerja sama dengan aparat kepolisian selama 24 jam.

Dirut PT Pegadaian (Persero), Sunarso, mengatakan, tiap menjelang Lebaran biasanya masyarakat yang menebus barangnya lebih banyak dibanding yang menggadaikan dengan perbandingan 70:30. Walau tidak disebut berapa persen peningkatannya, tren ini akan makin tinggi didorong oleh cairnya THR dan gaji ke-13 para PNS dan pensiunan yang berlaku tahun ini. "Mereka biasanya ingin menggunakan perhiasan kala hari raya Idul Fitri," tuturnya. Diungkapkan Sunarso, dari segi porsi yang ditebus menjelang Lebaran, yang terbanyak perhiasan emas dengan kisaran 90% dari seluruh barang tebusan.

Sunarso menambahkan, masyarakat yang menggadaikan barang menjelang Lebaran biasanya untuk keperluan di luar kota, sehingga banyak barang pribadi seperti kendaraan, emas dan barang elektronik digadaikan untuk ongkos Lebaran, sekaligus lebih aman daripada dibiarkan di rumah kosong. "Menggadaikan kendaraan atau barang berharga bukan berarti butuh uang juga, tapi juga sebagai upaya mereka menitipkan barang berharga dengan aman saat mereka pulang kampung," katanya.

Di sisi lain, dalam rangka mendukung mudik yang aman, Pegadaian kembali menyiapkan armada mudik bersama untuk nasabah aktif Pegadaian sebanyak 45 bus ke berbagai kota tujuan, 250 tiket kapal Pelni dengan tujuan Surabaya, 8 bus yang mudik di Manado dan Makassar, serta 7 bus di Medan.  "Ini untuk membantu masyarakat merayakan Lebaran di kampung dengan menggelar program Mudik Bareng BUMN Bersama Pegadaian," kata Damar Latri Setiawan,  Direktur Operasi dan Pemasaran Pegadaian.

Peserta dari Jakarta, Medan dan Makassar akan diberangkatkan pada hari Jumat, 8 Juni 2018 menuju kota tujuan. Sedangkan peserta dari Medan akan diberangkatkan pada hari Minggu, 10 Juni 2018. Proses pendaftaran peserta mudik bareng ini sudah sejak 2 Mei lalu di seluruh kantor cabang pelaksana mudik bareng di Jakarta, Medan, Manado dan Makassar.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!