Pegadaian Sumbang Rp2,82 Triliun pada Negara

PT Pegadaian (Persero) menjadi salah satu BUMN yang memberikan kontribusi pemasukan terbesar kepada negara yakni senilai Rp 2,828 triliun pada 2018 lalu. Kontribusi itu berupa dividen Rp 1,387 triliun dan pajak sebesar Rp 1,441 triliun.

“Kami menjadi penyumbang pendapatan terbesar ke-7 diantara BUMN besar lainnya. Kami sudah menjadi raksasa BUMN, bahkan jumlah nasabah kami sudah yang menyumbangkan dividen terbesar untuk negara,” kata Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto, di National Media Gathering dan Workshop, Yogyakarta, Jumat (26/07/2019).

Bahkan, menurut Kuswiyoto, pihaknya sudah berhasil melampaui target jumlah nasabah meskipun baru pertengahan tahun. Diketahui saat ini jumlah nasabah Pegadaian mencapai 12,1 juta dari target akhir tahun 12 juta nasabah. Adanya Pegadaian Digital Service dan kerja sama yang dilakukan dengan Tokopedia dinilai menjadi salah satu pendorong lonjakan tersebut.

Pegadaian juga terus meningkatkan kinerja keuangannya. Tercatat hingga Juni 2019, pertumbuhan laba bersih sebesar Rp1,5 triliun meningkat 12,1%. Perusahaan pun optimistis target Rp 3 triliun tahun ini bisa tercapai hingga akhir tahun.

Lanjutnya, dalam mengelola bisnis Pegadaian dikelola secara sehat dan terukur, terlihat di tahun 2018 ROA yang didapat Pegadaian sebesar 5,26% dan ROE sebesar 13,80%, BOPO sebesar 68,30%. "Tidak hanya itu Pegadaian juga merupakan perusahaan yang efesien dalam operasi bisnis, karena terlihat dari data BOPO di tahun 2018 yang mencapai 68%."

Kuswiyoto menambahkan untuk asesmen GCG (Good Corporate Governance) Pegadaian sudah mencapai 98,21%. Sementara itu, Kuswiyoto menjelaskan bahwa Pegadaian saat ini terus meningkatkan kualitas program CSR dalam memberdayakan masyarakat, diantaranya bersih-bersih lingkungan (pro-planet) yang bertujuan meningkatkan kepedulian pada lingkungan dalam rangka pengembangan inklusi keuangan.

“CSR Pegadaian seperti mengolah sampai jadi emas memberikan manfaat yang berkelanjutan kepada masyarakat, kita ingin memberikan dampak dan meningkatkan kesejahteraan kepada masayarakat,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)