Pelanggan First Media Meningkat 40% Saat Work From Home

Victor Indajang, Deputy CEO dan Chief Operations Officer PT Link Net Tbk.

Selama masa pandemi COVID-19, potensi industri Fixed Broadband Internet di Indonesia masih sangat besar. Secara bisnis, PT Link Net Tbk dengan brand First Media mengalami peningkatan yang signifikan dan optimistis terus bertumbuh meski di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan bisnis. Adanya penerapan social atau pyshical distancing serta Work From Home (WFH), menuntut masyarakat akan kebutuhan konten digital dan akses layanan internet.

Hal ini memengaruhi layanan First Media yang mengalami kenaikan traffic internet secara signifkan sekitar 47%, dan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 40% pada pertengahan Maret hingga Mei 2020, dibandingkan dengan periode sebelum WFH.

Berdasarkan pencatatan kuartal 1-2020, First Media telah menambahkan 73.629 home passed dan total menjadi 2,54 juta. Di periode yang sama, peningkatan juga terjadi pada jumlah pelanggan baru yang naik 31.757 pelanggan, sehingga total menjadi 699.962 pelanggan; 32% pelanggan baru berasal dari Batam, Semarang, Medan, Solo, Bali dan kota lainnya. Hingga akhir Mei 2020, total penambahan pelanggan tercatat sebanyak 75.274, telah melampui penambahan pelanggan sepanjang tahun 2019 (73.498), dan total pelanggan menjadi 743.479.

COVID-19 menjadi game changer di tahun 2020 dan mendorong percepatan tranformasi digital dari adanya perubahan perilaku masyarakat yang kini semakin dituntun untuk beradaptasi dengan aktivitas berbasis teknologi digital. Menghadapi hal ini, First Media memiliki empat fokus utama yakni Service Quality, Business Continuity Plan, Corporate Social Responsibility dan dukungan untuk tetap produktif selama Work From Home dan Online Learning.

Victor Indajang, Deputy CEO dan Chief Operations Officer PT Link Net Tbk di acara Virtual Media Update (8/7/2020) mengatakan bahwa First Media berkomitmen untuk menjaga service quality kepada pelanggan, di mana saat ini sangat dibutuhkan koneksi yang stabil untuk mendukung aktivitas bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Dalam upaya memberikan layanan yang maksimal, First Media mengimplementasikan Business Continuity Plan untuk menjaga serta memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, seperti pemberian APD, penerapan displin baru, pembagian tim kerja, penggunaan virtual call center, dan virtual telesales.

“Kami juga menyadari bahwa First Media adalah bagian dari komunitas, di mana kami juga bertanggung jawab untuk bersama membantu melawan COVID-19 melalui kegiatan yang memberikan dampak sosial. Kami juga terus melakukan terobosan baru yang diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan selama berada di rumah,” tambah Victor.

Di kesempatan yang sama, Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk., Santiwati Basuki turut menjelaskan, selama masa pandemi First Media berkomitmen untuk mendukung aktivitas dan produktivitas keluarga Indonesia melalui kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, yang telah dijalankan sejak Maret lalu. Juga, terus berpartisipasi dalam memberikan apresiasi bagi tenaga medis yang masih terus menangani pasien COVID-19.

Beberapa kegiatan program CSR yang dilakukan di antaranya, pada April, memberikan gratis berlangganan layanan First Media selama 3 bulan kepada 3.013 pelanggan yang berprofesi sebagai tenaga medis, dengan total value senilai Rp3.8 miliar, menyerahkan bantuan berupa 63.480 multivitamin ke empat rumah sakit rujukan pasien COVID-19, dan menyerahkan bantuan 4.500 APD berupa hazmat suit ke 12 rumah sakit di 10 kota di Indonesia.

Kemudian bulan Juni, bekerja sama dengan BeritaSatu Media Holdings dan PMI, kami menggalang dana melalui program First Festival From Home – Konser 10.000 Cinta untuk Indonesia, serta bekerja ssama dengan RS Siloam, mendonasikan 1.000 rapid test kit kepada Pemkab Tangerang. Tak lupa, menghadirkan First Squad Home Service dengan memberikan penyemprotan disinfektan, masker, hand sanitizer, gratis akses konsultasi online aplikasi YesDok, dan TV Anywhere aplikasi FirstMediaX kepada pelanggan dan calon pelanggan.

Sementara dari sisi layanan segmen korporasi – First Media Business, kebijakan Work From Home pastinya berdampak terhadap berkurangnya aktivitas di perkantoran yang memengaruhi bandwidth consumption; di mana pada pertengahan bulan Maret terlihat permintaan menurun, namun setelah memasuki masa transisi PSBB di bulan Juni permintaan kembali mulai naik. Saat ini First Media Business berfokus pada penyediaan layanan internet bagi korporasi seperti sektor pemerintahan dan keuangan.

“Dalam upaya memberikan produk dan solusi di masa pandemi, kami menghadirkan tiga produk yaitu, First Klaz yang merupakan online learning platform, Thermal Screening System, dan Cisco Webex untuk video conferencing solution. Kami juga menghadirkan program Corporate Individual Scheme dengan memberikan gratis layanan First Media selama 3 bulan, untuk mendukung klien kami dalam memastikan karyawannya tetap bisa produktif selama di rumah,” ucap Agung Satya Wiguna, Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)