Pelatihan Digital Marketing untuk Tingkatkan Keahlian Pelaku UMKM

Meski pandemi disebut dapat mengakselerasi digitalisasi bisnis, nyatanya belum bisa diterapkan seluruhnya oleh UMKM. Habitat for Humanity Indonesia melakukan terobosan dengan mengajak Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dan GoFood mengadakan Pelatihan Online Digital Marketing kepada keluarga-keluarga pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi terutama mereka yang belum fasih menggunakan strategi digital.

Pelatihan Digital marketing tersebut diikuti sebanyak 100 peserta yang berasal dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur, daerah yang pelaku usaha mikro terbesar mengalami dampak. Pendaftaran, seleksi peserta dilakukan secara online sejak tanggal 1 Desember 2020 dan pelatihan diadakan selama 2 tahap, tahap pertama telah dilaksanakan tanggal 26 Januari 2021 berupa pelatihan online digital marketing dan tanggal 28 Januari 2021 mengenai pembelajaran teknik pemasaran makanan dan minuman melalui mitra GoFood. Hal ini dilakukan untuk mendukung para peserta mempraktikkan langsung usaha mereka secara online.

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, Susanto, menuturkan pelatihan online Digital Marketing ini program kemitraan yang inovatif Habitat dan Yayasan Allianz Peduli yang diharapkan menjadi salah satu dukungan bagi mereka yang sedang berjuang dengan peningkatan keahlian marketing digital.

Ketua Yayasan Allianz Peduli, Ni Made Daryanti, menambahkan, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen dalam mendukung pemberdayaan ekonomi ke masyarakat luas. “Serangkaian pelatihan ini ditujukan kepada kelompok pengusaha agar mampu bertahan menghadapi pandemi COVID-19 dengan menggunakan strategi pemasaran digital. Hal ini sejalan tujuan Allianz Indonesia untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan, khususnya meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia,” paparnya.

VP of Merchant Marketing Gojek, Bayu Ramadhan, menjelaskan bahwa ekosistem Gojek telah mencakup inovasi teknologi dan non-teknologi untuk mendukung UMKM Indonesia go digital.

“Dukungan Gojek sebagai mitra pertumbuhan UMKM tidak berhenti sampai di sana. Tetapi juga mencakup inovasi teknologi untuk operasional sehari-hari, hingga dukungan komunitas dan pelatihan,” tutur Bayu.  

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)