Pelindo III Raih Anugerah Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik KIP

PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III (Persero) berhasil mendapatkan penghargaan Badan Publik kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kualifikasi Informatif pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia.

Kualifikasi Informatif adalah kualifikasi  tertinggi pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat. Sedangkan kualifikasi lainnya yaitu Menuju Informatif dan Cukup Informatif.

Atas raihan tersebut Pelindo III pun menerima Anugerah langsung dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia yang di sampaikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin melalui siaran daring (25/11/2020).

Wakil Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada badan publik yang telah serius dalam mengupayakan keterbukaan informasi publik demi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi dan karenanya berhak dianugerahkan kualifikasi tertentu.

"Kepada badan publik yang memperoleh kualifikasi sebagai badan publik informatif saya mengucapkan selamat atas pencapaiannya teruslah bertahan dalam visi untuk menjaga serta mengembangkan kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi," ujar Ma'ruf Amin.

Pada penganugerahan tersebut , Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana menyebutkan, penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik ini merupakan refleksi dari kondisi pelaksanaan keterbukaan informasi publik. KIP melaksanakan monitoring dan evaluasi ( monev)  terhadap 348 badan publik melalui tahap pengisian Self Assessment Kuesioner dan Pendalaman melalui Presentasi, kemudian diperoleh hasil Monev.

Hasil ini merupakan bentuk refleksi dan kondisi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik pada badan publik.
Dari hasil monev tersebut diputuskan  bahwa Pelindo III telah memenuhi Kualifikasi Informatif sesaui dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara itu Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer menyampaikan terima kasih kepada KIP RI atas pemberian penghargaan sebagai BUMN yang memenuhi kualifikasi informatif, hal tersebut menurutnya merupakan implementasi dari nilai utama  amanah serta loyalitas sebagai perusahaan milik negara dalam memberikan pelayanan akses keterbukaan informasi yang informatif dan mudah kepada publik.

Saefudin menyatakan bahwa amanah, loyal merupakan  Core Values AKHLAK - BUMN yang digariskan Menteri BUMN Erick Thohir yang terdiri dari Amanah , Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif .

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)