Peluang Bisnis dari Momen Bertukar Kado

Menjangkau pasar milenial yang kian menunjukkan tren berbelanja lewat e-commerce, Blibli menggandeng Mondelez, perusahaan makanan ringan dengan produk unggulan Oreo, meluncurkan Oreo Music Box, record player yang bisa dimainkan dengan menggunakan biskuit Oreo. Setiap paket Oreo Music Box, terdapat juga tiga varian rasa Oreo Thins yaitu Vanilla Delight, Tiramizu, dan Lemon Cheesecake.

Fransisca Nugraha, SVP Trade Partnership Blibli mengungkapkan, FMCG melalui kategori Blibli Mart mengambil porsi terbesar dalam penjualan. Pada Q3/2019, Bliblimart mengalami pertumbuhan penjualan senilai 200% dan order senilai 315% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Hal ini didorong pula oleh peningkatan SKU produk dan merchant.

Kerja sama meluncurkan produk Oreo Music Box, menurut Fransisca, karena produknya sangat unik. Di negara lain seperti China dan Singapura, produk ini pun hanya dijual melalui e-commerce. Dengan masuk ke market Indonesia, Blibli dan Mondelez mengharapkan dapat memperkenalkan produk yang belum ada di pasaran. Oreo Music Box sendiri sudah bisa dibeli sejak 1 Desember lalu.

Ini bukanlah kerja sama pertama Blibli dan Oreo. Tahun lalu, Oreo Colourfilled diluncurkan sebagai tonggak kerja sama e-commerce dan FMCG ini. Oreo Colourfilled merupakan kampanye Oreo yang kemasannya bisa diwarnai sendiri dan dikoleksi.

Momen akhir tahun sengaja dipilih untuk meluncurkan Oreo Music Box karena masyarakat cenderung saling memberi kado.

“Oreo Music Box disediakan akhir tahun untuk menjadi opsi masyarakat dalam bertukar kado. Selain itu, market Indonesia terutama milenial masih menunjukkan tren positif terhadap adaptasi produk dengan experience yang oke,” jelas Fransisca.

Milenial dianggap memiliki buying power yang besar kalau dibandingkan dari generasi sebelumnya. Mereka juga cenderung mengeksplorasi channel online untuk berbelanja. Di Blibli sendiri, produk FMCG, fashion, dan produk kecantikan adalah tiga item yang paling diincar. Meski demikian, tantangan FMCG di e-commerce adalah mengubah mindset dari belanja offline ke online. Namun Fransisca melihat Mondelez adalah salah satu yang sudah memikirkan penjualan di e-commerce.

Untuk Oreo Music Box sendiri, Fransisca mengaku belum ada target penjualan. Namun sebagai gambaran antusias pasar, di hari pertama launching, terjual 1 unit Oreo Music Box setiap 90 menit.

Di tahun 2020, arah bisnis Blibli adalah menjadi platform Omnichannel. “Tahun depan, kami akan lebih fokus di sinergi online dan offline, sehingga tidak ada lagi preferensi terhadap satu channel. Ini akan memudahkan penjualan dan menguntungkan banyak pihak,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.sw.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)