Peluncuran Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Para sarjana alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang bernaung dalam Fusi Foundation menggelar grand launching teknologi sterilisasi lantai masjid (SALAM ) di Masjid Ukhuwah Islamiyah , Kampus UI Depok (24/7).

Desain orisinil dan tepat guna teknologi SALAM berhasil menjadi pemenang utama kompetisi World Industrial Design DayTM (WIDD) yang digelar Indosat Ooredoo secara online yang bertemakan “Design For Everyday Life.” Program tersebut menginduk ke World Design OrganisationTM (WDO), lembaga internasional mitra Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang secara serempak juga diselenggarakan di 85 kota seluruh dunia.

(keempat dan kelima dari kiri): M. Saiful Hidayat (VP Collaboration Management Indosat),  Prof. Dr. Ibnu Hamad (Ketua Masjid UI)

Grand launching ini dihadiri Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng; Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) Andre Rahardian; Ketua DKM Masjid UI, Prof. Dr. Ibnu Hamad; serta perwakilan para donatur dan penerima manfaat. ILUNI UI, ILUNI FTUI, Yayasan Masjid Nusantara (YMN), dan ZIS Indosat menjadi lembaga donor sekaligus mitra penyalur SALAM untuk masjid dan mushola.

“SALAM ini high tech low touch, teknologinya mutakhir tetapi penggunaannya mudah, bisa dilakukan termasuk oleh petugas cleaning service masjid,” ujar  Ibnu Hamad, Ketua Masjid UI Depok.

Ahmad Fitrianto, Ketua Umum Fusi Foundation mengatakan setelah melalui serangkaian penyempurnaan desain, prototipe SALAM mendapat dukungan positif dari segenap elemen bangsa Indonesia yang merindukan hadirnya solusi desain produk untuk masyarakat Indonesia menghadapi masa new normal. Penamaan teknologi SALAM ini artinya doa keselamatan dan keberkahan. “Kami berharap ada keselamatan dan keberkahan bagi segenap jamaah dengan wasilah teknologi ini untuk sterilisasi alas sujud di masjid dan mushola,” kata Ahmad.

Menurutnya, area utama yang menjadi obyek vital potensi penularan virus berbasis aerosol adalah lantai dan berbagai variasi alas sujudnya,  baik karpet, tikar maupun sajadah. “Suci dari hadas besar dan hadas kecil adalah bagian dari syarat sah shalat. Suci dari najis pada pakaian, badan, dan tempat shalat juga menjadi syarat sah shalat. Kedua hal tersebut menjadi inspirasi kami mengembangkan teknologi sterilisasi lantai masjid,” ujar Ahmad.

SALAM merupakan karya inovasi sahabat Fusi Foundation yang desainnya diwakafkan untuk bangsa Indonesia sebagai upaya dalam menghadirkan keamanan dan kenyamanan beribadah dari ancaman Covid-19. Sejumlah pengurus DKM masjid perkantoran dan perumahan hingga donatur perorangan turut mewujudkan produksi perdana SALAM sebanyak 100 unit.

Hendri D.S. Budiono menjelaskan kiprah civitas academica dan alumni FTUI menghadirkan solusi engineering untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia adalah implementasi Tridharma perguruan tinggi. “Ini adalah ikhtiar maksimal yang harus tetap disempurnakan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan physical distancing,” ujar  Hendri.

Peluncuran inovasi tersebut diakhiri dengan diserahterimakan SALAM kepada para donatur dan penerima manfaat. Ketua Umum ILUNI Andre Rahadian berharap teknologi ini bisa dirasakan oleh segenap bangsa Indonesia bahkan dunia.

Dede Suryadi

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)