Pemerintah Atur Sepeda Impor, Berikut Beberapa Sepeda Lipat Produk Dalam Negeri

Calon pembeli tengah melihat-lihat sepeda lipat di salah satu toko sepeda di kawasan Kebon Jeruk, Jakar.(Foto: Beritasatu)

Pemerintah mulai mengatur laju sepeda impor roda dua atau tiga untuk masuk ke Indonesia lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 68 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Impor Alas Kaki, Elektronik, dan Sepeda Roda Dua dan Roda Tiga. 

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, 1 September 2020, beleid tersebut didorong kenaikan impor beberapa barang konsumsi secara signifikan. Kebijakan tersebut diharapkan mendorong pertumbuhan industri sepeda dalam negeri.

Di dalam negeri, berbagai produk sepeda sudah tersedia dengan harga beragam. Salah satu produk yang saat ini digandrungi, terutama di perkotaan adalah sepeda lipat.

Berikut beberapa sepeda lipat produk dalam negeri:

1. United Bike
United Bike sudah berdiri sejak 1991. Merek sepeda ini diluncurkan PT Terang Dunia Internusa yang berlokasi di Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten.

Mereka menjual beberapa jenis sepeda, mulai dari sepeda lipat, sepeda gunung, sampai BMX. Untuk sepeda lipat, rincian beberapa harganya di laman resmi unitedbike.com yaitu sebagai berikut:

- Sepeda Lipat Stylo 2O inch (2020) seharga Rp 2,8 juta
- Sepeda Lipat Stylo 16 inch (2020) seharga Rp 2,2 juta
- Black Horse (2020) seharga Rp 7,95 juta
- Cora 9S (2020) seharga Rp 4,535 juta

2. Polygon Indonesia
Merek Polygon Indonesia juga menjadi salah satu produk yang dikenal luas di tanah air. Merek ini diluncurkan oleh PT Insera Sena yang sudah berdiri sejak 1989 di Sidoarjo, Jawa Timur.

Untuk sepeda lipat, Polygon menawarkan beberapa produk dengan rentang harga sekitar Rp 4 jutaan. Berikut rincian harga di laman resmi mereka yaitu polygonbikes.com:
- Urbano 3 seharga Rp 4 juta
- Urbano 13 seharga Rp 4,1 juta
- Urbano 5 seharga Rp 4,9 jutaan.

3. Wimcycle
Dikenal sebagai produk yang banyak menelurkan sepeda anak, Wimcycle ikut memjual produk sepeda lipat. Merek ini diproduksi oleh PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries yang berdiri sejak 1972 dengan lokasi produksi di Desa Bambe Driyorejo Industrial Estate, Jawa Timur.

Produk-produk Wimcycle bisa dilihat di laman resmi mereka yaitu wimcycle.com. Salah satunya yaitu Folding Procket Rocket 20 inch. Harganya yaitu Rp 3,2 juta.

4. Element MTB
Merek sepeda ini diluncurkan oleh PT Roda Maju Bahagia yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah. Mereka mulai menjual sepeda sejak 2008 dengan produk impor dari Cina dan Taiwan. Tapi pada 2010, mereka mulai membuka pabrik pertama di daerah Tangerang, Banten.

Elemet menjual sejumlah produk sepeda lipat, beberapa di antaranya yang tampil dalam laman resmi elementmtb.com, yaitu:

-Dahon Ion Folding Bike Denver 10 Speed seharga Rp 10,2 juta
-Dahon Ion Folding Bike Eugene 0 Speed seharga Rp 7,9 juta
-Dahon Ion Folding Bike Madison 7 Speed seharga Rp 4,65 juta

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)