Pemerintah Luncurkan Layanan Pembayaran Kode QR

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan meluncurkan program Gerakan Menuju 100 Smart City.

Sebagai langkah strategis, PT Telkom Indonesia bersedia mendukung upaya mewujudkan smart city di Indonesia. Salah satu yang dilakukan adalah melalui Qren untuk melakukan pembayaran dengan memanfaatkan teknologi Quick Response (QR). Setiaji, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat, mengungkapkan, industri dan pelaku bisnis telah bertransformasi ke arah digital untuk mengimbangi permintaan produk digital.

“Kami menggalakan kolaborasi untuk mengakselerasi program Smart City, salah satunya dengan Qren,” kata Setiaji. Smart city merupakan program penciptaan kota atau wilayah berbasis teknologi. Melalui program ini, pemerintah akan menciptakan fasilitas kota atau wilayah berbasis teknologi dengan menyusun Masterplan Smart City.

Saat ini, pemerintah telah memanfaatkan teknologi pembayaran digital berbasis kode QR sesuai standar Bank Indonesia dan pemanfaatan platform QRen, QRIS-nya Telkom Indonesia, pada setiap segmen bisnis dan pembayaran jasa layanan masyarakat.

Adapun upaya lainnya adalah pemasangan stiker QRIS pada bisnis UMKM, aplikasi QRen pada UKM, serta pemanfaatan API module QRen pada perangkat pendukung aplikasi seperti layanan POS, aplikasi pembayaran e-commerce, layanan tiketing, parkir, hingga Billing System.

Fajar Eri Dianto, Chief Executive Officer Qren, mengungkapkan bahwa inovasi ini dapat mempermudah pelaku bisnis, UMKM, lembaga sosial, dll. Qren juga dapat membantu efektifitas pengeloaan pembayaran layanan masyarakat, baik yang dikelola pihak swasta maupun pemerintah daerah. “Aplikasi tersebut juga dapat meningkatkan dan memantau Pendapatan Asli Pemerintah, ” kata dia.

Dia berharap Qren dapat digunakan oleh semua penyelenggara sistem pembayaran, baik di Indonesia maupun di luar negeri yang telah sesuai dengan standardisasi Bank Indonesia. Aplikasi tersebut menyediakan layanan Integrated QR Payment Application, layanan PPOB, top up E-Money, mencetak kode QR untuk pembayaran kode QR, serta riwayat transaksi dan pemisahan modal usaha dan pendapatan.

“Pengguna dapat bertransaksi tanpa uang tunai, aplikasi ini juga dapat digunakan saat saat melakukan transaksi online dan offline pada semua segmen merchant,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)