Pemerintah Targetkan Pembangunan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Selesai Oktober 2021

Pemerintah terus menjalankan proyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Pembangunan ini diproyeksikan akan selesai pada bulan Oktober 2021 mendatang. Hingga akhir September 2020 ini, proyek pembangunan telah mencapai 55,17%.

“Proyek pengembangan bandara tetap dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ketat,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam siaran pers yang diterima SWA Online (05/10/2020).

Pengembangan ini merupakan cara manajemen mengatasi masalah lack of capacity. Kapasitas ideal terminal Bandara Sultan Hasanuddin hanya dapat menampung 7 juta penumpang per tahun. Sementara pada tahun 2019 lalu, trafik penumpang bandara ini sudah mencapai 10,7 juta penumpang.

Pengembangan bandara meliputi perluasan terminal penumpang domestik eksisting ke sisi selatan, gedung parkir, dan akses jalan utama terminal. Terminal eksisting akan diperluas dari yang hanya seluas 51.815 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, menjadi  144.480 meter persegi dengan kapasitas 15,5 juta penumpang per tahun.

Pengembangan tahap I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ini terdiri dari 2 paket yakni pekerjaan revitalisasi terminal eksisting, perluasan terminal eksisting sisi selatan, gedung parkir, akses jalan utama terminal. Sementara paket 2 adalah pembangunan apron selatan dan apron timur beserta infrastruktur penunjang. Total investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan dan revitalisasi bandara ini sebesar Rp2,6 triliun.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)