Pemimpin Harus Siapkan Navigasi Saat Pandemi COVID-19

foto ilustrasi Google Image

Kevin Sneader, Managing Partner McKinsey bersama Shubham Singhal yang merupakan Senior Partner McKinsey di kantor Detroit, mengulas bagaimana pandemi COVID-19 akan memengaruhi bisnis ke depan, begitu dunia lepas dari wabah ini. Mereka menyampaikan bahwa pandemi virus ini bukan sekadar krisis kesehatan dalam proporsi besar, tapi akan mendorong restrukturisasi tatanan ekonomi global. Mereka menyarankan para pemimpin bisnis harus sudah mulai menavigasi langkah bisnis selepas wabah ini.

Memang untuk saat ini, bagi beberapa organisasi, kelangsungan hidup jangka pendek merupakan agenda utama mereka. Ada juga yang mulai mencari jalan bagaimana melewati kabut ketidakpastian, berpikir bagaimana memosisikan diri setelah krisis berlalu dan semua kembali normal.

Pertanyaannya, seperti apa bentuk normal setelah wabah? Di satu sisi tidak ada yang bisa memastikan kapan wabah ini akan berakhir. Kevin dan Shubham mengutip yang disampaikan Ian Davis, salah satu mantan Managing Partner McKinsey 11 tahun lalu, di tengah krisis keuangan global, bahwa apa yang ditemukan normal beberapa waktu terakhir sebelum wabah, tidak akan ditemukan selepas wabah.

Semakin jelas era kita akan ditentukan oleh perpecahan mendasar: periode sebelum COVID-19 dan normal baru yang akan muncul di era pasca-viral: "normal berikutnya." Dalam realitas baru yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, kita akan menyaksikan restrukturisasi dramatis tatanan ekonomi dan sosial di mana bisnis dan masyarakat secara tradisional beroperasi.

Apa yang diperlukan untuk mengatasi krisis ini, setelah metrik dan asumsi tradisional dianggap tidak relevan? "Jawaban kami adalah panggilan untuk bertindak di lima tahap, yang mengarah dari krisis hari ini ke normal berikutnya yang akan muncul setelah pertempuran melawan coronavirus dimenangkan: Resolve, Resilience, Return, Reimagination, and Reform, " jelasnya. Durasi setiap tahap akan bervariasi berdasarkan konteks geografis dan industri, dan lembaga dapat menemukan diri mereka beroperasi di lebih dari satu tahap secara bersamaan.

Resolve. Di hampir semua negara, melakukan berbagai upaya menyelamatkan kesehatan masyarakat. Sistem perawatan kesehatan — secara eksplisit — berada di pijakan perang untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur, persediaan, dan pekerja terlatih mereka. Upaya sedang dilakukan untuk mengurangi kekurangan pasokan medis yang sangat dibutuhkan. Rencana kesinambungan bisnis dan keselamatan karyawan telah ditingkatkan, dengan bekerja jarak jauh atau bekerja dari rumah, ditetapkan sebagai mode operasi default.

Resilience. Pandemi telah menjalar ke krisis ke krisis ekonomi dan sistem keuangan. Kemunduran akut dalam kegiatan ekonomi, yang diperlukan untuk melindungi kesehatan masyarakat, secara bersamaan membahayakan kesejahteraan ekonomi warga dan lembaga. Suksesi likuiditas dan solvabilitas (kesanggupan melunasi hutang) yang cepat menghantam berbagai industri terbukti tahan terhadap upaya bank sentral dan pemerintah untuk menjaga agar sistem keuangan tetap berfungsi. Krisis kesehatan berubah menjadi krisis keuangan karena ketidakpastian tentang ukuran, durasi, dan bentuk penurunan PDB dan lapangan kerja merusak apa yang tersisa dari kepercayaan bisnis.

Dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, ketahanan adalah kebutuhan vital. Masalah manajemen kas jangka pendek untuk likuiditas dan solvabilitas jelas merupakan hal yang terpenting.

Return. Mengembalikan bisnis ke kesehatan operasional setelah shutdown parah sangat menantang, karena China menemukan bahkan ketika perlahan-lahan kembali bekerja. Sebagian besar industri perlu mengaktifkan kembali seluruh rantai pasokan mereka, meskipun skala diferensial dan waktu dampak coronavirus berarti bahwa rantai pasokan global menghadapi gangguan di berbagai wilayah.

Para pemimpin pemerintahan mungkin menghadapi "pilihan Sophie" yang sangat menyakitkan: memitigasi risiko kebangkitan untuk hidup versus risiko terhadap kesehatan penduduk yang dapat mengikuti kemunduran ekonomi yang tajam.

Reimagination. Guncangan skala ini akan menciptakan perubahan preferensi dan harapan individu sebagai warga negara, sebagai karyawan, dan sebagai konsumen. Pergeseran ini dan dampaknya pada cara kita hidup, cara kita bekerja, dan bagaimana kita menggunakan teknologi akan muncul lebih jelas selama beberapa minggu dan bulan mendatang. Lembaga-lembaga yang mengubah diri mereka sendiri untuk memanfaatkan wawasan dan pandangan ke depan yang lebih baik, seiring dengan berkembangnya preferensi, akan berhasil secara tidak proporsional. Jelas, dunia online perdagangan tanpa kontak dapat didukung dengan cara yang membentuk kembali perilaku konsumen selamanya.

Reform. Guncangan ini kemungkinan akan memberi jalan pada keinginan untuk membatasi beberapa faktor yang membantu menjadikan coronavirus sebagai tantangan global, dan bukan masalah lokal yang harus dikelola. Para pemimpin bisnis perlu mengantisipasi perubahan kebijakan dan peraturan yang didukung oleh masyarakat karena masyarakat berusaha menghindari, memitigasi, dan mencegah krisis kesehatan di masa depan seperti yang kita alami saat ini.

Manajer sistem keuangan dan ekonomi, yang telah belajar dari kegagalan ekonomi akibat krisis keuangan global terakhir, sekarang harus bersaing dengan memperkuat sistem untuk menahan guncangan eksogen akut dan global, seperti dampak pandemi ini. Lembaga pendidikan perlu mempertimbangkan modernisasi untuk mengintegrasikan pembelajaran di kelas dan jarak jauh.

Buntut pandemi ini juga akan memberikan kesempatan untuk belajar dari sejumlah besar inovasi dan eksperimen sosial, mulai dari bekerja dari rumah hingga pengawasan skala besar. Dengan ini akan muncul pemahaman inovasi mana, jika diadopsi secara permanen, yang dapat memberikan peningkatan substansial bagi kesejahteraan ekonomi dan sosial — dan yang pada akhirnya akan menghambat perbaikan masyarakat yang lebih luas, bahkan jika membantu dalam menghentikan atau membatasi penyebaran virus.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)