Pemprov DKI Jakarta dan Shopee Kembangkan UMKM Jakarta Menuju Pasar Global

Program Jakpreneur  Fest 2021  yang  diharapkan dapat membawa UMKM Jakarta naik kelas (Foto: Ist)

UMKM merupakan titik tumpu yang memiliki andil besar dalam perputaran roda perekonomian  Indonesia, termasuk untuk para pelaku usaha lokal di DKI Jakarta. Terdapat 1,1 juta UMKM di  Jakarta1  yang  berpotensi  untuk  dikembangkan  melalui  sinergi  antara  pihak  pemerintahan  dan  instansi swasta guna berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Untuk itu, Pemprov  DKI  Jakarta,  Jakarta  Experience  Board    dan Shopee menggagas  program Jakpreneur  Fest 2021  yang  diharapkan dapat membawa UMKM Jakarta naik kelas, bahkan hingga menembus pasar internasional. Rangkaian kegiatan Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee ini  telah  memasuki  puncak  acara  dengan  digelarnya  Malam  Apresiasi  Jakpreneur  2021  di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat. Gelaran ini menjadi bagian dari Jakpreneur Fest 2021 yang dimulai sejak bulan  Mei 2021 lalu

Dalam acara ini, diberikan  apresiasi  kepada  pemenang kategori Digital Learner, Eksportir  Terbaik Jakarta, dan kategori Pertumbuhan UKM  Terbanyak yang telah berhasil melewati periode kompetisi bisnis dalam program Jakpreneur Fest 2021. 

Pada kesempatan yang sama Pemprov DKI Jakarta menandatangani  perjanjian  kerja  sama  untuk  pengembangan  UMKM  di Ibukota  dengan  perusahaan  e-commerce  Shopee. dilakukan  oleh  Kepala  Dinas  Perindustrian  Perdagangan  Koperasi  Usaha Kecil  dan  Menengah  (PPKUKM)  DKI  Jakarta,  Elisabeth  Ratu  Rante  Allo  bersama  Direktur  Shopee Indonesia Handhika Jahja.

Kerja sama ini termasuk pertama,  pertukaran data dan informasi dalam rangka pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untuk  UMKM  Jakarta  menuju  ekspor.  Shopee  akan  menyelenggarakan  pelatihan,  pendidikan,  dan  workshop terkait ekspor. Kedua, melakukan  penyaluran  modal  untuk  pelaku  usaha  berupa  voucher  toko,  voucher  iklan,  program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee. Ketiga, memfasilitasi branding bisnis UMKM melalui kampanye dan perluasan pemasaran produk  melalui  platform  Shopee,  bahkan  promosi  ke  negara  tujuan  ekspor  melalui  fitur  pemasaran  online.

Hadirnya Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee disambut baik oleh Menteri Koperasi  dan  UKM RI Teten  Masduki.  Menurutnya,  sinergi  antara  pemerintah  dan  pihak  swasta  dapat  mewujudkan  ekosistem  digital  untuk  UMKM  dapat  bersaing  secara  global.

“Jakpreneur  Fest  ini  merupakan solusi  bagi  UMKM  di  tengah  pandemi  Covid-19.  Kita  tahu  pandemi  telah  berdampak  besar  bagi  UMKM,  baik  supply  dan  demand.  Di  tengah  daya  beli  masyarakat yang melemah saat ini, maka berbagai upaya kolaborasi antara pemerintah dengan  e-commerce,  (ini)  juga  sangat  membantu.  Kami  memiliki  catatan,  UMKM  yang  bisa  bertahan  adalah yang bertumpu di ekosistem digital,” ungkap Teten.

Pada  kesempatan  kali  ini,  Gubernur  DKI  Jakarta  Anies  Baswedan  juga  menyampaikan  apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah membangun Jakpreneur bersama.  Dia menjelaskan  bahwa  pada  prinsipnya  Jakarta  perlu  membentuk  ekosistem  yang  sehat  agar  UMKM dapat berkembang. “Prinsip kami bukan mengecilkan yang besar, tetapi  membesarkan   yang kecil. Jakpreneur menjadi bagian dari janji kita, bahwa dengan adanya 44 pusat  pendampingan ditargetkan  hadirnya  200.000  wirausaha  baru.  Namun,  target  ini  tidak  tercapai, tetapi  terlampaui  sejumlah  281.000  UMKM  baru,”  ujarnya.

Anies  menjelaskan, keberhasilan  ini  adalah  upaya  kolaborasi  dan  berharap  Malam  Apresiasi  Jakpreneur  Fest  ini  menjadi ajang penghargaan bagi pribadi-pribadi yang patut menjadi contoh.  Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, menyampaikan komitmen Shopee yang sejalan dengan Pemprov DKI Jakarta dalam hal perkembangan UMKM menuju ekspor.

“Kami  melihat  adanya  potensi  besar  dari  UMKM  di  DKI  Jakarta.  Shopee  menjadi  rumah  bagi  lebih  dari  ratusan  ribu  UMKM aktif yang ada di Jakarta dengan puluhan ribu di antaranya telah berhasil ekspor bersama  Shopee.  Ini  menandakan  bahwa  terdapat  banyak  potensi  UMKM  di  Jakarta  yang  siap  untuk  dibina  agar  dapat  menembus  pasar  global  sehingga  turut  berkontribusi  dalam  percepatan  pemulihan ekonomi,” kata Handhika.

Pemprov  DKI  Jakarta  dan  Shopee  juga memberikan  apresiasi  kepada  para pemenang Kompetisi Bisnis di program Jakpreneur Fest 2021 di antaranya Ridwan  Hermantoyo - GGS Fashion untuk kategori Digital Learner, Adelia Abidin  - Create Baju Official  untuk kategori  Eksportir  Terbaik  Jakarta,  dan Eric  Evan  -  Yelonix  untuk  kategori  Pertumbuhan  UKM Terbanyak. Para pemenang akan mendapatkan edukasi dan pelatihan lanjutan  di Kampus UMKM Shopee Ekspor Jakarta yang akan didirikan pada November 2021 mendatang.

Direktur  Utama  Jakarta  Experience  Board  (JXB) Novita  Dewi  mengatakan  JXB  sebagai  katalisator  program-program Pemprov DKI Jakarta terus berkontribusi dalam upaya pengembangan UMKM  Jakarta.  Melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan  Menengah DKI Jakarta, Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee, menjadi bagian dalam  rangkaian HUT 494 Tahun Jakarta yang mengusung tema Jakarta Bangkit.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)