Pemprov Jakarta dan Mitra Ubah Sampah Jadi Bahan Bakar

Pemprov DKI Jaarta melali Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menggandeng PT Unilever Indonesia dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) untuk mengubah sampah lama menjadi sumber energi. Dalam kerja sama ini, Unilever dan SBI akan melakukan penambangan sampah atau landfill mining pada zona tidak aktif di TPST Bantargebang.

"Produsen memiliki peran yang besar untuk ikut mengatasi persoalan sampah plastik bersama pemerintah dan masyarakat, layaknya Unilever Indonesia dan SBI sebagai mitra kolaborasi kami dalam proyek ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih.

Lebih jauh dia mengatakan, kerja sama ini merupakan keseriusan produsen dalam melakukan upaya kongkret dalam mendukung pengelolaan sampah. Melalui kegiatan landfill mining, sampah plastik akan diproses menjadi material yang dapat digunakan kembali sebagai bahan bakar alternatif atau Refuse Derived Fuel (RDF) sebagai pengganti batu bara di industri semen. Sampah yang dipilih dan digunakan berasal dari zona IV yang berusia lebih dari 10 tahun.

Proses pengubahan menjadi bahan bakar ini meliputi penggalian dan pengayakan pada fasilitas TPST Bantargebang, kemudian dikirim ke pabrik SBI untuk dicacah dan dikeringkan untuk menghasilkan RDF. Proyek ini diperkirakan akan menghasilkan RDF sekitar 1.000 ton per bulan dan 80% hingga 90%-nya merupakan sampah plastik.

Unilever memang telah mencanangkan untuk mengurangi setengah dari penggunaan plastik baru dengan cara mengurangi penggunaan kemasan plastik secara absolut sebanyak 100.000 ton. Selain itu, akan mempercepat penggunaan plastik daur ulang paling lambat pada tahun 2025 nanti.

"Di tengah fakta bahwa jumlah timbulan sampah plastik nasional pada 2020 telah mencapai sekitar 10 juta ton per tahun, kami ingin mendukung terciptanya tempat pengelolaan sampah berteknologi ramah lingkungan agar timbulan sampah dapat diproses dengan baik dan akhirnya memiliki daya guna yang berkelanjutan," kata Rizki Raksanugraha, Director of Supply Chain PT Unilever Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)