Pencitraan Udara Canggih untuk Perusahaan Indonesia

Jan Gasparic, Head of Enterprise Partnerships, DJI, memaparkan teknologi drone terbaru

Dji -- perusahaan drone sipil dan teknologi pencitraan udara global --  bekerja sama dengan Halo Robotics -- distributor teknologi drone komersial di Indonesia, untuk memasarkan produknya bagi segmen profesional dan korporasi yang berencana memanfaatkan teknologi drone untuk mendukung operasi bisnis dan alur kerja perusahaan.

“Keahlian Halo Robotics di industri ini serta jaringan bisnis akan digabungkandengan solusi drone dari Dji, sehingga dunia usaha Indonesia akan lebih mudah untuk memanfaatkan teknologi drone sebagai sarana yang akan sangat membantu dalam mengantarkan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi,” ungkap Jan Gasparic, Head of Enterprise Partnerships Dji di Jakarta (24/5/2018).

Menurutnya,  kamera Zenmuse XT2, yang mereka demonstrasikan untuk pertama kalinya di Indonesia, adalah permulaan dari berbagai solusi sederhana, tapi mumpuni. Disandingkan dengan seri drone Matrice yang canggih, namun mudah digunakan, maka perusahaan akan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisa data dengan cepat, sehingga bisa meningkatkan efisiensi biaya dan membuat keputusan bisnis yang cerdas tidak seperti biasanya.

Zenmuse XT2 (XT2) adalah kamera pengolah panas  dan dapat mengubah data menjadi informasi yang bisa dimanfaatkan. Stabilisasi menggunakan teknologi Gimbal, serta desain dual-sensor yang memadukan radiasi radiometrik FLIR serta kamera visual dengan resolusi 4K memungkinkan para pengguna untuk melihat data thermal dan visual secara bersamaan. Hal ini menghadirkan data dan detail gambar yang tak tertandingi untuk beragam penggunaan, mulai dari inspeksi industrial hingga tindakan-tindakan keselamatan umum .

Para operator drone profesional dapat menggunakan fitur cerdas yang tersedia, seperti teknologi FLIR MSX untuk menggabungkan data visual dan pencitraan thermal ke dalam satu gambar, sehingga pengguna bisa mudah mengidentifikasi obyek perhatian. Selain itu, fitur Spotlight Pro dari Dji memungkinkan operator untuk memusatkan perhatian pada pengoperasian penerbangan yang aman serta analisa data saat kamera secara otomatis melacak obyek melalui dua mode penerbangan cerdas: QuickTrack untuk memusatkan kamera pada area yang dipilih sementara HeatTrack secara otomatis untuk melacak objek terpanas dalam tampilan. Sedangkan fitur Temp Alarm bisa menafsirkan data thermal secara real-time dan memperingatkan operator drone ketika suhu objek melebihi ambang maksimal.

Zenmuse XT2 kompatibel dengan drone Dji Matrice 200 Series dan Matrice 600 Pro. Dengan rancangan yang tahan banting serta perlindungan IP44 membuat kamera ini bisa diterbangkan dalam berbagai kondisi cuaca termasuk hujan, asap dan kabut. Dengan kamera visual 12 megapiksel, kamera ini tersedia dalam dua resolusi sensor termal 640 x 512 atau 336 x 256, dengan lensa 9mm, 13mm, 19mm, dan 25mm.

"Para pelanggan kami selalu mencari alat dan teknologi baru yang bisa meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan proses kerja. Oleh karena itu, drone saat ini makin menjadi bagian besar dari operasi mereka," tutur Eli Moselle, Presiden Direktur Halo Robotics. “Kami sangat bersemangat dengan kemitraan bersama DJI ini, dan kami tidak sabar untuk menghadirkan solusi dan produk DJI yang terpercaya dan bisa berdampak positif bagi banyak industri penting di Indonesia.”

Kolaborasi kedua perusahaan ini akan melayani kebutuhan drone di Indonesia  dan menawarkan solusi penggunaan drone dalam aplikasi industri, terutama bidang infrastruktur, fasiltias energi, situs konstruksi, serta keamanan publik.

Di bidang infrastruktur pada inspeksi saluran listrik, terdapat menara telekomunikasi dan jembatan yang berpotensi menimbulkan resiko bagi keselamatan kerja. Solusi dari Dji bisa meningkatkan keamanan bekerja, karena inspeksi dapat dilakukan dari kejauhan. Misalnya drone M210 yang dilengkapi kamera zoom XT2 dan Zenmuse Z30, akan bisa mengidentifikasi kesalahan dengan ukuran milimiter pada bangunan, jalan, dan jembatan dalam waktu sebenarnya, dan dari kejauhan, membuat prosesnya menjadi lebih aman, efisien dan efektif.

Untuk inspeksi fasilitas energi, pemeliharaan perencanaan membutuhkan biaya yang sangat mahal dan memakan waktu lama. Dengan solusi drone M200 yang stabil dan tahan cuaca, jaringan listrik yang luas dapat divisualisasikan dengan detail yang tak terpadani dan infrastruktur vertikal, seperti turbin angin dan alat bor minyak pada lepas pantai, dapat diteliti dari semua sudut. XT2 juga  memungkinkan inspeksi yang lebih cerdas melalui fitur seperti Temp Alarm yang  menginterpretasikan data termal pada waktu sebenarnya dan memperingatkan orang yang mengoperasikan drone ketika suhu dari sebuah obyek melampaui ambang batas.

Pada pemetaan situs konstruksi, survei dan pemetaan sering kali harus dilaksanakan di berbagai kondisi cuaca. M200 adalah sarana pencitraan udara yang tahan banting dan bertenaga, serta telah dirancang untuk menghadapi kondisi sulit dan memberikan sebuah alat yang efisien untuk meningkatkan pengelolahan proyek dengan dan secara keseluruhan kepada penyelenggara situs konstruksi. Memiliki sudut pandang udara memungkinkan penyelenggara situs untuk dapat mengamati kemajuan dan meningkatkan proses kerja, serta menjamin penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan bahkan mencegah besarnya perubahan perintah sebelum itu terjadi.

Pada bidang keamanan publik, saat waktu sangat sempit dan kondisi cuaca berubah menjadi buruk, para pekerja tanggap darurat seperti SAR ataupun pemadam kebakaran, membutuhkan alat yang serba guna dan terpercaya. Dilengkapi dengan XT2, drone milik perusahaan DJI dapat menyediakan kesiagaan situasi dengan segera akan adanya potensi situasi berbahaya seperti kebakaran, pencarian korban dan bencana alam. Petugas yang bertanggung jawab tersebut dapat menggunakan data yang telah terkumpulkan oleh XT2 untuk membuat keputusan yang cepat, melindungi nyawa dan barang kepunyaan sembari meminimalisir resiko keamanan untuk menyelematkan personil.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)