Pengembang Game Gencar Sasar Pengguna Smartphone

Meningkatnya penetrasi pengguna smartphone di Indonesia menjadi peluang bagi pengembang game untuk meluncurkan versi mobile-nya.

Pesatnya penjualan dan pengguna smartphone di Indonesia mendorong pelaku bisnis game turut memanfaatkan momen ini. Transisi game telah terjadi, yang sebelumnya hanya marak di komputer saja, sekarang banyak pengembang fokus untuk menghadirkannya di versi smartphone (mobile).

Richard Kim, CEO PT Cube Soft Creative (Surgagame), menuturkan bahwa dengan mengembangkan game versi mobile, tentunya masyarakat bisa lebih fleksibel memainkannya dimanapun dan kapanpun.

“Seiring berkembangnya transportasi publik di Indonesia, game pun harus bisa cocok digunakan saat perjalanan, baik saat di busway. kereta, hingga di ojek online,” ujarnya di Jakarta, (29/8/2019).

Ia menambahkan, meskipun pasar Indonesia masih belum terlalu besar dibandingkan dengan negara lainnya, pihaknya terus berharap agar game rilisannya bisa mampu mendobrak industri game di Indonesia. Adapun rata-rata pemain game mobile itu sendiri berada diatas 13 tahun, tidak terkecuali banyak dewasa era sekarang pun suka memainkannya.

Untuk menggenjot penggunanya, Richard berencana untuk melakukan launching game mobile terbarunya di Indonesia pada bulan September, dilanjutkan ke beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Adapun di Korea Selatan sudah launching terlebih dahulu sejak bulan Maret 2019 lalu dan sekarang ia akan lebih banyak menyasar negara-negara Asia Tenggara.

Lalu, ke depannya ia berencana untuk membangun Programmer Academy guna mendukung para pengembang aplikasi lokal agar semakin kompeten di bidangnya. Ia pun menyebutkan, meskipun pemain game dari Indonesia sudah banyak yang mahir, ke depannya, ia akan mengajak talent lainnya melalui user conference, cosplay conference, dan juga melibatkan influencers.

Alan Purnama, Project Manager PT Cube Soft Creative, menambahkan, bahwa Surgagame sudah mem-publish tujuh game di Indonesia. Game terbaru yang akan diekspansikan bernama Soulworker Zero.

“Ditargetkan akan mencapai 500 ribu user di Indonesia hingga tahun 2019 ini. Kami juga berencana untuk mengadakan turnamen secara nasional terlebih dahulu. Jika animonya bagus, kami akan adakan secara internasional,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)