Pengguna Aplikasi Cakap Naik 5 Kali Selama Pandemi

Cakap, startup yang bergerak di bidang edukasi mencatat kenaikan angka pengguna hingga lebih dari 5 kali lipat. Dibandingkan tahun sebelumnya di kuartal yang sama, terdapat kenaikan 3.200% traffic ke Cakap. Hal ini sebagai buah kebijakan belajar dari rumah selama beberapa bulan terakhir.

Cakap aktif menggandeng berbagai pemangku kepentingan mulai dari pelaku usaha, organisasi dan pemerintah untuk menanggulangi dampak pandemi agar tetap produktif selama di rumah. Di antaranya menyediakan akses belajar Bahasa Inggris secara gratis untuk pelajar di seluruh Indonesia melalui program Cakap Goes to School. Kegiatan ini telah diikuti oleh berbagai sekolah dari berbagai daerah, seperti Mataram, Nusa Tenggara Barat, hingga Pekalongan, Jawa Tengah.

Cakap juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memberikan pelatihan bahasa Inggris secara daring. Pelatihan tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan para perlaku UMKM dan bidang pariwisata selama enam bulan, terhitung mulai Mei hingga November dengan durasi setiap pertemuan 50 menit. Materi yang diberikan mulai dari percakapan bahasa Inggris dasar hingga mempromosikan daya tarik wisata, khususnya di 5 lokasi Destinasi Super Prioritas. Program ini diharapkan mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih kompeten untuk mempersiapkan diri selama masa new normal berlangsung.

CEO Cakap, Tomy Yunus, mengatakan, kenaikan kunjungan dan angka pengunduh pada aplikasi Cakap pun menunjukkan bahwa berbagai program inisiatif yang sudah dilakukan oleh tim Cakap diminati oleh masyarakat.telah membuktikan bahwa masyarakat tetap dapat produktif, walaupun beraktivitas di rumah.

“Saya harap, aplikasi Cakap dapat terus menerus memberikan manfaat untuk masyarakat sebagai alternatif dalam beraktivitas yang positif,” ujar Tommy.

Dilansir dari SWA Online sebelumnya, Cakap telah digandeng oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk program Cakap for Hospitality. Program ini  dirancang untuk mengakomodir serta mendukung para pelaku usaha pariwisata dan perhotelan dengan memanfaatkan program bantuan pemerintah berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, di industri hospitality melalui program Kartu Prakerja. Selain sebagai penyedia platform, Cakap juga sebagai lembaga pelatihan yang ada dalam ekosistem mitra penyedia pelatihan program Kartu Prakerja.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Cakap

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)