Penggunaan TKDN PLN Capai 33 Triliun

PT PLN (Persero) meningkatkan penggunaan produk dalam negeri untuk proyek kelistrikannya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri dan perekonomian nasional.

Tercatat hingga Juli 2021, tingkat penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) PLN mencapai 47,64% atau setara dengan realisasi investasi PLN setara Rp33,02triliun, dari total Rp67,85 triliun. "Kami berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri dalam setiap kegiatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, baik dalam pengadaan barang maupun jasa yang dibutuhkan PLN," kata Executive Vice President Komunikasi Perusahaan dan TJSL PLN, Agung Murdifi. 

Penggunaan TKDN tersebut meningkat sebesar 7,54% jika dibandingkan realisasi tahun 2020 yang sebesar 40,1%. Penggunaan TKDN terbesar berada di proyek pembangunan jaringan distribusi yang angkanya mencapai  Rp5,44 triliun atau 83,1% dari total investasi Rp6,56 triliun. Sedangkan, pembangunan transmisi TKDN-nya sekitar Rp11,02 triliun atau 76,7% dari total Rp 14,55 triliun.

Untuk pembangunan gardu induk, realisasi TKDN mencapai 56,2% dan untuk pembangkit sebesar 28,4%. “Seluruh pekerjaan dan material distribusi telah dilaksanakan oleh perusahaan dalam negeri,” kata dia. Pekerjaan transmisi dan gardu, menurutnya, sudah dapat dilakukan oleh perusahaan dalam negeri sepenuhnya.

Sementara untuk pekerjaan infrastruktur pembangkit, tantangannya masih cukup besar dan baru sebagian pekerjaan dapat dilaksanakan oleh Perusahaan dalam negeri. Agung mengatakan, kondisi tersebut menjadi tantangan sekaligus peluang. Tantangannya adalah masih adanya komponen yang belum bisa diproduksi di dalam negeri. Oleh karena itu, dia menilai, kondisi tersebut bisa menjadi peluang bagi perusahaan lokal untuk mendorong industri terus bertumbuh.

“Tak hanya mendukung peningkatan TKDN dan memajukan industri dalam negeri, langkah ini sekaligus memperkuat kelistrikan nasional,” ujarnya. Agung pun berharap seluruh target TKDN di berbagai proyek ketenagalistrikan dapat tercapai.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
PLN TKDN

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)