Penghargaan untuk Perusahaan Peduli Kesehatan Mental

AXA Mandiri san BPJS Kesehatan raih Mindful Company Award sektor asuransi karena dinilai peduli akan kesehatan mental karyawan. (Foto: Ubaidillah/SWA)

Digitalisasi dan kompetisi usaha semakin meningkat, sehingga talenta perusahaan dituntut untuk semakin produktif dan kreatif. Sementara itu, tidak semua perusahaan mampu membangun ekosistem yang sehat untuk menjamin kesehatan mental talentanya. Saat ini 20 persen masyarakat tengah mengalami isu kesehatan mental dan 9 juta diantaranya menderita depresi.

Co-founder The Golden Space Indonesia Stephanie Hermawan mengatakan masalah bisnis dan profesional tidak bisa dilepaskan dari masalah personal seperti kesehatan mental (mental health). Kesehatan mental karyawan memainkan peranan esensial bagi berjalannya roda perusahaan.

“Maka tahun ini kita mengadakan Penghargaan Mindful Company Award untuk pertama kalinya di Indonesia. Selain untuk menginspirasi perusahaan agar menjadi mindful company, juga mendorong perusahaan untuk tidak hanya mengejar profit, namun juga peduli dengan purpose, people, dan planet,” katanya, Jumat (2/12/2022).

Peringkat Mindful Company Award menggunakan hasil survei MarkPlus Employer Branding Index 2022 yang diselenggarakan oleh MarkPlus Quick Survey. Penyebaran survei dilakukan pada periode Juni – Juli 2022 ke 1.150 responden dengan kategori mahasiswa, fresh graduates, dan first jobber (0–2 tahun pengalaman bekerja) di kota-kota besar di seluruh Indonesia. 

“Indikator penilaian penghargaan ini yakni dipenuhinya konsep Mindfulness 360°, yaitu keseimbangan empat aspek diantaranya purpose, people, planet dan profit pada perusahaan. Kesehatan mental karyawan berperan penting bagi jalannya roda perusahaan. Penerima penghargaan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi ribuan perusahaan lain di Tanah Air agar dapat membangun ekosistem yang sehat di lingkungan kerja,” kata Deputy CEO MarkPlus Yosanova Savitry. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi perusahaan yang memperhatikan kesehatan mental para karyawannya. Bahkan saat ini, Kemenparekraf juga tengah mendorong produk kesehatan di Indonesia untuk memberi solusi menyeluruh bagi kesehatan badan, pikiran, serta jiwa masyarakat.

“Saya mengapresiasi kepada The Golden Space Indonesia dan MarkPlus atas terselenggaranya Mindful Company Award. Mari kita sehat dan bugar jasmani di rumah sendiri, di Indonesia aja,” kata Sandiaga Uno melalui saluran video. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan pandemi yang berlangsung selama lebih dari dua tahun memberikan dampak pada kesehatan fisik, juga kesehatan jiwa. Rasa stres merupakan salah satu ancaman bagi kesehatan banyak orang, sehingga hal ini perlu ditangani.  

“Seperti saat pemerintah memperbolehkan mudik, akhirnya banyak masyarakat yang mudik hampir 83 juta. Kemenkes juga mengupayakan agar hal itu (rasa stres) dapat diatasi dengan mengajak peregangan, meditasi, olahraga di sekitar rumah, tidur yang cukup, luangkan waktu untuk bersantai dan aktivitas lainnya,” kata Nadia membacakan pesan Menkes.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)