Penghargaan untuk Top Leader Award Industri Multifinance

Multifinance Top Leader Award 2019

Sektor pembiayaan (multifinance) adalah salah satu industri yang berkembang di Indonesia. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah aset dan pendapatan industri ini meningkat masing-masing 5,78% dan 8,26%.

Menurut Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), aset perusahaan multifinance diperkirakan tumbuh mencapai 9% karena didorong oleh regulasi baru yang menunjang kegiatan industri. Hal tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan jasa perusahaan multifinance masih tinggi. Namun dengan adanya tren disrupsi di industri keuangan, pemimpin di industri ini memerlukan strategi khusus guna menjaga kepercayaan konsumen dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Untuk itu, Warta Ekonomi menyelenggarakan Multifinance Top Leader Award 2019 dengan tujuan memberikan apresiasi bagi pemimpin perusahaan multifinance yang memiliki keunggulan pada isu-isu strategi seputar kepemimpinan di industri multifinance.

Isu-isu strategis tersebut ialah pengembangan produk (product development), pengelolaan konsumen (customer relationship management), strategi pembiayaan (financing strategy), transformasi digital (digital transformation), pengembangan kerjasama (partnership development), pengembangan sumber daya manusia perusahaan (human resource development), pengelolaan kinerja keuangan perusahaan (corporate financial management); dan aksi tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility initiative).

“Untuk menemukan Top Leader yang memiliki keunggulan pada isu-isu tersebut, tim riset Warta Ekonomi (Stratego) melakukan tiga tahap penilaian,” kata Direktur Stratego, Mochamad Arief. Tahap pertama, menyeleksi kandidat perusahaan dengan mempertimbangkan pertumbuhan penyaluran pembiayaan dan posisi laba/rugi pada laporan keuangan perusahaan periode 2016-2017. Pada tahap ini, tim riset WE menentukan 100 kandidat perusahaan dengan penilaian terbaik. Perusahaan dengan pertumbuhan penyaluran pembiayaan negatif dan rugi tidak dijadikan kandidat dalam riset ini.

Hasil seleksi tahap pertama dipertajam dengan seleksi tahap kedua, yakni media monitoring. Pada tahap ini, tim riset melakukan pencarian data mengenai pemikiran, eksekusi program, strategi, atau aksi korporasi positif yang dilakukan oleh CEO kandidat perusahaan selama periode Januari 2018 hingga Januari 2019 pada 30 media mainstream di Indonesia. Data tersebut diolah, dianalisis, dan dijadikan pertimbangan pada penilaian tahap ketiga.

Tahap ketiga ialah penentuan pemenang dan predikat spesifik berdasarkan delapan isu strategis. Tahap ini dilakukan melalui diskusi oleh Dewan Redaksi Warta Ekonomi. Setelah dilakukan penilaian, Warta Ekonomi mendapatkan sebanyak 58 nama CEO atau pemimpin perusahaan yang berhak mendapatkan predikat Top Leader atas aksi korporasi yang dilakukan.

Berikut sebagian nama-nama CEO/pemimpin Multifinance Top Leader Award 2019 beserta nama perusahaan, dan predikatnya:

Kategori Aset di Atas Rp 10 Triliun
1. Hafid Hadeli (PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk) - Best Leader with Digitalization Program
2. Arya Suprihadi (PT Mandiri Tunas Finance) - Best Leader in Improving Customer Service Experience
3. Gunawan Effendi (PT Indomobil Finance Indonesia) - Best Leader in Inclusive Financing
4. Margono Tanuwijaya (PT Federal International Finance) - Best Leader in Leveraging Credit Management System
5. Husni Musyairi (PT Summit Oto Finance) - Best Leader with Digital Transformation Strategy
6. Lynn Ramli (PT Bussan Auto Finance) - Best Leader with Strategic Branding

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)