Pengiriman GrabFood Naik 10 Kali Lipat Sepanjang 2018

Dari Januari 2018 sampai saat ini, GrabFood telah memperluas layanannya dari 13 kota menjadi 178 kota di Indonesia. Volume layanan pesan-antar makanan dari Grab ini pun meningkat 10 kali lipat dalam periode Desember 2017 hingga Desember 2018.

Ridzki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia, mengungkapkan, strategi yang mengantarkan kenaikan tersebut. Grab fokus kepada tiga hal untuk meningkatkan layanan pesan-antar. “Menghadirkan kuliner lokal favorit, waktu antar yang lebih cepat, dan perbaikan terus menerus terkait pengalaman secara keseluruhan,” ungkapnya.

Ridzki melanjutkan, faktor kunci dari peningkatan tersebut adalah durasi pengiriman GrabFood yang semakin cepat yaitu rata-rata 29 menit. Berdasarkan survei oleh Kantar, kata Ridzki, para pengguna GrabFood Indonesia menilai layanan ini merupakan aplikasi pesan-antar makanan tercepat nomor satu.

“Tidak hanya kecepatan, Grab juga memperhatikan kualitas layanan. Sejumlah mitra pengemudi dibekali dengan tas khusus untuk menjamin kondisi makanan tetap baik. Tas yang memungkinkan menjaga kondisi suhu dan kompartemen untuk menyimpan makanan berukuran besar," jelasnya.

Saat ini terdapat lebih dari 150 gerai makanan internasional dan nasional. Mediko Azwar, Direktur Marketing Grab Indonesia, mengatakan, jumlah merchant di Indonesia telah tumbuh sebanyak 8 kali dengan lebih dari 80% adalah pengusaha UMKM. “Dari keseluruhan kategori makanan dan minuman, menu ayam menempati posisi pertama yang paling banyak dipesan. Kalau kota paling tinggi pemesanan ialah Jakarta,” ujar Mediko.

Selain itu, tambah Ridzki, mitra pengemudi yang mengirimkan GrabFood juga dapat pertumbuhan penghasilan sebesar 40%. Rata-rata pendapatan para merchant juga meningkat hingga 88% dalam waktu lima bulan setelah tergabung dalam FrabFood.

Untuk meningkatkan terus kinerja, ke depannya GrabFood akan memperluas jaringan central kitchen di Indonesia. Juga akan terus memindahkan lebih banyak merchant ke dalam model pesan-antar makanan terintegrasinya.

“Saat ini central kitchen ada1 di Jalan Panjang, ke depannya akan ditambah lagi. Kami juga akan terus memindahkan lebih banyak merchant ke model pesan-antar terintegrasi, di mana pesanan dari konsumen akan langsung dikirim ke merchant. Dengan berfokus pada itu semua, kami akan menjadi layanan pengantaran makanan nomor satu pada tahun 2019 di seluruh Asia Tenggara,” ungkap Ridzki.

GrabFood juga akan terus mengadakan berbagai promo. Salah satunya layanan terbaru paket berlangganan GrabFood. Tersedia dua paket yang bisa dipilih, yaitu Paket Kenyang seharga Rp 75 ribu untuk potongan sebesar Rp 150 ribu, dan Paket Begah senilai Rp 125 ribu dengan potongan mencapai Rp 275 ribu.

“Untuk merayakan pencapaian ini, GrabFood juga meluncurkan promo spesial #JuaraCepat yang akan berjalan sampai 30 April 2019. Pelanggan bisa menikmati layanan hanya dalam beberapa langkah dari ponselnya,” tutur Ridzki.

Sementara itu di seluruh Asia Tenggara, pendapatan GrabFood tumbuh 45 kali lipat pada Bulan Maret 2018 sampai Desember 2018.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Grab Grabfood

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)