Management Trends

Pengiriman Paket Ninja Xpress Melonjak 80% pada Semester I/2021

Ninja Xpress mencatat jumlah pengiriman paket sebanyak lebih dari 110 juta paket, menjadi tonggak pertumbuhan kinerja yang signifikan pada Semester I/2021. Jumlah ini meningkat 80% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Pada Semester I/2021 ini, Ninja Xpress mencatatkan daerah dengan tujuan pengiriman terbanyak berada di Jakarta (26%), Jawa Barat (22%), dan Jawa Tengah (6%) dan sisanya tersebar di seluruh Indonesia. Begitupun dengan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (44%), Jawa Barat (35%), dan Jawa Tengah (13%). Dibanding dengan semester 1 tahun 2020, Ninja Xpress mencatatkan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (69%), Jawa Barat (20%), dan Jawa Timur (6%).

Permintaan pengiriman lebih dari 15 juta paket selama masa PPKM Darurat diberlakukan didominasi oleh kategori paket berukuran kecil (paket yang berukuran maksimal 20x11x7cm) yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata dan lain-lain. Adapun kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20). Perusahaan ekspedisi ini memastikan memberikan pelayanan maksimal yang dibuktikan melalui succes rate sebesar 98% untuk pengantaran ke seluruh Indonesia.

UKM yang terdaftar di dalam Ninja Rewards dan mengalami peningkatan signifikan selama PPKM darurat tercatat berasal dari wilayah Kab. Banyumas, Kota Jakarta Barat, Kota Cirebon, dan Kota Surabaya dengan rata-rata berjualan pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan skincare.

Peningkatan periode ini semakin mendorong Ninja Xpress untuk mendukung pelaku UKM di seluruh Indonesia. Salah satunya melalui Creative Hub, showroom yang diperuntukkan untuk mendukung UKM menghasilkan materi promosi produk. Hingga saat ini, Creative Hub sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, Ninja Xpress selalu fokus memberikan layanan dan jasa pengiriman yang optimal untuk konsumen dan memberikan dukungan bagi UKM selaku shipper kami melalui berbagai program. “Kami memperhatikan program Creative Hub yang sudah ada di beberapa kota tersebut, untuk membantu pelaku UKM dalam meningkatkan bisnis. Saya berharap pelaku UKM dapat memanfaatkan dengan maksimal,” tuturnya.

Selain Creative Hub, pada awal tahun 2021 Ninja Xpress menginisiasi kerja sama bersama dengan beberapa pemain jasa keuangan seperti Jenius, Pinjam Modal, dan Modal Rakyat memberikan fasilitas permodalan yang aman dan terpercaya untuk memudahkan pelaku UKM dalam mengatasi kendala keterbatasan modal yang tengah dialami.

“Ninja Xpress berkomitmen untuk terus memperkuat dan memaksimalkan berbagai layanan lainnya seperti layanan customer care melalui respon cepat resolusi tepat, jangkauan wilayah kerja sama dengan Grab, dan program-program pemberdayaan lain untuk bantu UKM mengembangkan bisnis di tengah pandemi,” tutur Andi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved