Ramadhan, Tingkat Belanja Online Masyarakat Naik Drastis

Selama bulan Ramadhan, kegiatan berbelanja masyarakat semakin meningkat, tidak hanya melalui offline melainkan juga online. Hal ini bisa dilihat dari traffic pada UC Browser yang meningkat 53% di bulan puasa. Survei UC Browser di bulan yang sama menunjukkan bahwa 81% pengguna mobile internet di Indonesia mengunjungi situs belanja online setidaknya satu kali dalam empat minggu terakhir.

Kenny Ye, GM of Global Markets, Alibaba mobile business group Kenny Ye, GM of Global Markets, Alibaba Mobile Business Group

Setengah dari responden mengakses website ecommerce lebih dari tiga kali per hari. “Traffic ke situs B2C seperti Lazada dan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak meningkat pesat di bulan Ramadan ini. Tiga faktor utamanya adalah ‘diskon besar’, ‘situs belanja yang terpercaya’ dan ‘pembayaran yang aman’,” ujar Kenny Ye, GM of Global Markets dari Alibaba Mobile Business Group.

Menurut We Are Social, Indonesia merupakan satu dari lima besar pasar media sosial di dunia dengan 30% masyarakatnya adalah pengguna aktif media sosial. Masyarakat Indonesia terhubung dengan teman dan keluarganya melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Mereka juga menerima dan reaktif terhadap apa saja yang di share oleh lingkup terdekatnya.

Untuk membuktikan hal ini, browser yang merupakan bagian dari Alibaba Mobile Business Group ini membuat game html5 “Tukar 5 Kartu Dengan Motor Ninja”. Game ini mampu mendapatkan 17 juta share hanya dalam waktu 11 hari.  Ada 12 juta pengguna yang ikut bermain game ini dan setiap pengguna berbagi game ini di Facebook rata-rata sebanyak 17 kali kepada teman-temannya.

Permainan yang dilakukan dari tanggal 21 sampai 27 Juni tersebut, mereka telah membagikan 1,5 juta kupon dan voucher. Keduanya menghasilkan peningkatan jumlah pesanan di Lazada melalui UC Browser.  Menurut Kenny game tersebut memberikan peningkatan yang signifikan pada lalu lintas ecommerce melalui UC Browser selama bulan ramadhan. Terjadi peningkatan 3 kali lipat pada lalu lintas Lazada.

Berdasarkan survei UC Browser, 83% dari online shopper mulai berselancar ke situs online shopping sebelum minggu ketiga dan minggu terakhir bulan Ramadan. Hal ini karena biasanya mal-mal menggelar night sale di waktu-waktu tersebut. Platform e-commerce, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak menjadi tiga situs belanja online yang paling populer di kalangan responden pada bulan Ramadhan ini.

Lazada 20% lebih populer dibanding para pesaingnya. Hasil survei juga membuktikan bahwa 53% online shopper mengunjungi situs belanja online setidaknya tiga kali sehari.  Menurut survei MasterCard tahun lalu, Indonesia merupakan salah satu negara teratas di Asia Pasifik yang melakukan belanja online melalui smartphone.

Sekitar 50% responden Indonesia berbelanja melalui smartphone. Hal yang sama juga dilaporkan oleh DailySocial yang menyatakan bahwa Indonesia menjadi kontributor terbesar m-commerce di Asia Tenggara. Untuk menarik minat konsumen untuk terus melakukan belanja online Kenny melakukan berbagai strategi.

Salah satunya adalah dengan bekerjasa sama dengan Lazada untuk  membagikan lebih dari 1,5 juta voucher belanja dan menghadirkan permainan interaktif. Kolaborasi ini menghasilkan 3 juta unique traffic dalam waktu satu minggu.  Kontribusi traffic yang dihadirkan dari UC Browser meningkat hingga110% dibandingkan hari biasa. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)