Peningkatan Kompetensi SDM untuk Tingkatkan Daya Saing

Pelatihan ketrampilan mekanik MPMRent. (Foto : Istimewa).

PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), perusahaan penyedia jasa transportasi, menyodorkan layanan prima sewa kendaraan lantaran mempekerjakan 88 mekanik yang bersiaga melakukan pengecekan, perbaikan, dan perawatan berbagai unit mobil di setiap harinya. Adapun para mekanik mekanik ini diklasifikasikan dalam 3 tingkatan yaitu: Basic, Pro, dan Diagnose Technician.

MPMRent juga memiliki dua tenaga assessor kompetensi teknis yang telah tersertifikasi BNSP. Dalam meningkatkan kemampuan dan skill para mekanik, MPMRent rutin mengadakan pelatihan atau training, baik yang diadakan sendiri maupun menggandeng Main Dealer Mobil agar para mekanik memiliki kemampuan yang terstandar, serta senantiasa up to date dengan berbagai teknologi mesin mobil yang semakin beragam dan canggih.

Salah satu program yang baru saja dijalankan yaitu pelatihan MPMRent Pro-Technician yang diikuti oleh mekanik-mekanik terbaik MPMRent, bekerja sama dengan PT Astra International Daihatsu - BSD Astra Business Center. Pelaksanaan training ini terbagi menjadi 2 tahap, yang pertama yaitu pelatihan secara teori yang diadakan di learning studio MPMRent yang bertempat di Head Office MPMRent kawasan BSD, Tangerang Selatan dan pelatihan tahap ke-2 diadakan di MPMRent Learning Center, Bogor. Sesi di tahap ini ini mempraktikkan teori langsung kendaraan atau mesin.

Selama pelaksanaan, seluruh peserta dan tim pengajar telah dipastikan berada dalam kondisi sehat dan menjalan protokol kesehatan secara ketat sehingga tidak membentuk cluster Covid-19. Triatmoko NJ, Vice President of Human Resources & General Affairs MPMRent menyampaikan SDM merupakan aset yang utama dari seluruh kegiatan di MPMRent sebagai penyedia jasa rental dalam melayani pelanggan.

Ia menjabarkan MPMRent secara berkesinambungan memberikan pelatihan dan pengembangan agar seluruh karyawan dapat terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas yang berkaitan dengan pekerjaan sehari-harinya. Peningkatan kompetensi perilaku dan kemampuan teknis (keahlian) para karyawan tersebut diberikan dengan berbagai bentuk seperti pelatihan formal, coaching, blended learning (kombinasi online learning dan praktik langsung) secara terstruktur dan berkala, terlebih pada mereka yang terhubung langsung dengan para customer, seperti: pengemudi, mekanik, customer service, sales, security, dan receptionist. “Hal ini merupakan salah satu upaya kami dalam mewujudkan misi perusahaan untuk menjadi pilihan utama pelanggan dengan menciptakan kepuasan pelanggan yang luar biasa dan menghadirkan produk yang berkualitas, pelayanan terbaik, serta mampu memberikan solusi yang inovatif,” ujar Triatmoko di Tangeran, Banten, baru-baru ini.

Ardie Wardhana, Workshop Head PT Daihatsu, menerangkan pelatihan ini diadakan sebagai bentuk dukungan dari Astra Daihatsu kepada MPMRent yang merupakan Big Customer Daihatsu. Dengan pelatihan ini diharapkan terjadi transfer of knowledge sehingga teknisi MPMRent dapat melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan baik secara khusus Daihatsu maupun kendaraan lain, serta mengatasi masalah secara mandiri apabila ada kendaraan yang mengalami trouble.

Dengan demikian, pelanggan MPMRent,  khususnya yang menggunakan unit Daihatsu, dapat menggunakan kendaraannya dengan aman dan nyaman. Sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi terbesar di Indonesia, MPMRent saat ini telah memiliki 8 Kantor Cabang, 16 serpo, serta 5 site, sehingga total keseluruhan 29 touch points di Indonesia. MPMRent saat ini juga memiliki armada sebanyak 13.000-unit yang terdiri dari luxury dan passenger car, kendaraan logistik, serta heavy duty. MPMRent juga telah bekerja sama dengan beberapa bengkel rekanan (i resmi APM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)