Penjualan Produk Ibu dan Anak Melonjak Selama PSBB

Pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk lebih banyak melakukan aktivitas bersama keluarga di rumah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan ibu dan anak. Data Tokopedia mengungkapkan, terjadi peningkatan transaksi kategori Ibu dan Anak di Tokopedia hingga dua kali lipat selama Agustus 2020, jika dibandingkan dengan transaksi bulanan sebelum pandemi.

Strategic Initiatives Senior Lead Mom Baby & Home Living Category Tokopedia, Rizki Widyastuti dalam konferensi pers virtual (28/09/2020), menyebutkan, produk perawatan bayi seperti tisu basah, susu formula, popok, dan sabun mandi menjadi beberapa produk di kategori Ibu dan Anak yang paling populer belakangan ini. Berbeda dengan sebelum terjadi Covid-19, selain produk primer, konsumen cenderung banyak membeli produk non-esensial seperti aksesoris.

"Trennya sudah mulai bergeser, saat ini lebih ke produk-produk esensial atau primer seperti susu dan popok yang umumnya dibeli melalui supermarket atau minimarket. Jadi orang sudah mulai mencari cara agar mereka tidak keluar rumah," jelas dia.

Bahkan, kata Rizki, beberapa konsumen sudah mulai impulsive buying. "Beli popok untuk satu bulan, susu untuk satu bulan," tambahnya. Maka tak heran apabila terjadi peningkatan hingga dua kali lipat atau bahkan lebih. Mooi Official salah satu contohnya, pegiat usaha lokal di kategori Ibu dan Anak ini mengalami peningkatan penjualan sebesar lebih dari 9 kali lipat selama pandemi.

Demi mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan ibu dan anak, Tokopedia juga berkolaborasi dengan mitra strategis. Misalnya, kali ini dengan Popmama.com, menghadirkan Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020, yang di dalamnya mencakup edukasi, hiburan, serta pengalaman belanja kebutuhan ibu dan anak.

“Dengan berkolaborasi, Tokopedia juga terus berupaya menyediakan panggung bagi pegiat usaha lokal dalam menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi sekaligus berkontribusi memulihkan perekonomian Indonesia,” tambah Rizki.

Penyelenggara POPAC 2020 sekaligus Editor in Chief Popmama.com, Sandra Ratnasari, menuturkan, “Kolaborasi ini menjadi sebuah sinergi kuat dan bertujuan memberikan inspirasi bagi keluarga milenial. Melalui platform digital, orang tua dapat berbagi informasi dan pengalaman, khususnya dalam menjawab berbagai tantangan mengasuh anak dalam masa PSBB.”

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)