Penjualan Shopee Naik 4 Kali Lipat pada Puncak Big Ramadhan Sale

Shopee mencatatakan kenaikan transaksi sebesar 4 kali lipat untuk kategori pakaian muslim, perlengkapan rumah, makanan & minuman, dan kebutuhan ibu & bayi pada puncak kampanye Big Ramadhan Sale.

Kenaikan ini tidak terlepas dari perubahan perilaku masyarakat untuk menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19. Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, menyampaikan bahwa pencapain terbaru shopee dengan adanya 4 kategori favorit yang mengalami peningkatan sebesar 4x lipat dibandingkan hari biasa.

“Kampanye Big Ramadhan Sale bertujuan untuk memberikan akses ke berbagai kebutuhan esensial melalui #ShopeeDariRumah, dengan menghubungkan mitra brand maupun penjual kepada para pengguna,” kata Andika. Adapun produk gamis, masker, dan baju koko merupakan produk yang paling dicari selama Ramadhan.

Data lain menunjukkan, saat mendekati bulan Ramadhan ada lebih dari 10 juta chat per hari yang berlangsung di fitur Shopee Live Chat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung lebih sering membeli, menjual serta berinteraksi secara online di tengah upaya social distancing. Tidak hanya itu, selama Ramadhan tercatat 40% transaksi dilakukan melalui fitur ShopeePay.

Platform ini juga mengumumkan total zakat dan donasi yang diberikan para pengguna yang disalurkan kepada Baznas dan Benihbank. Dana yang terkumpul sejak kampanye Big Ramadhan Sale adalah sebesar Rp730 juta.

Dana ini akan dibagikan kepada ribuan mustahik di Jabodetabek. Sedangkan sebagiannya disalurkan melalui BenihBaik, termasuk dalam program Dukungan Sembako untuk COVID-19’ untuk membagikan kebutuhan sembako bagi orang yang tidak dapat melakukan kegiatan ekonomi di tengah pandemi ini.

M. Arifin Purwakananta, Direktur Utama BAZNAS, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kolaborasi bersama Shopee sejak Ramadhan beberapa tahun lalu sampai saat ini. “Hasil pembayaran Zakat Fitrah dan Donasi melalui Shopee, disalurkan ke ribuan mustahik di berbagai wilayah di Jabodetabek,” kata dia menegaskan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)