Pentingnya Asupan Susu dan Protein Berkualitas Saat Pandemi

Di masa pandemi COVID-19  seperti sekarang ini, sangat penting menjaga daya tahan tubuh. Salah satu upaya menjaga sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi pandemi ini, tidak cukup dengan  minum vitamin dan suplemen saja. Pola makan yang sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK)  FKM Universitas Indonesia Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D menyatakan untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal dibutuhkan imunitas yang tangguh untuk dapat mendukung tubuh beradaptasi dengan berbagai macam virus dan penyakit.

“Untuk menjaga imunitas, kita memerlukan beragam asupan gizi. Salah satunya protein hewani yang tentunya dikonsumsi sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Protein hewani dengan kandungan asam amino esensial memiliki bermacam fungsi, salah satunya memperbaiki sel yang rusak serta menjaga imunitas. Sumber protein hewani dapat ditemui dari berbagai sumber, misalnya susu, daging dan telur,” jelas Syafiq.

Jadi selain menjaga kebersihan, rutin membersihkan tangan, lalu tetap melakukan physical distancing atau social distancing, kita juga harus paham pentingnya asupan susu dan protein yang baik.

Salah satu asupan protein daging yang paling disukai adalah bakso. Foto produk bakso Bonanza Beef

Hal ini harus dipahami masyarakat, terlebih rencananya, per Juni ini, pemerintah berencana secara bertahap menjalankan pola hidup New Normal. Dalam kondisi baru ini, kita harus hidup berdampingan dengan virus Covid-19.

Anjani Miranti, Marketing PT Great Giant Livestock menjelaskan pandemi virus Covid-19 ini mengharuskan kita untuk tetap menjaga imunitas. “Kami yakin setiap pihak dapat melakukan perannya masing-masing untuk kebaikan bersama. Kami berharap di era new normal ini masyarakat tambah peduli dengan ketahanan imunitas tubuh. Dan kami berharap pandemi ini dapat dilalui bersama,” tambah Anjani (02/06/2020).

Anjani berharap di tengah pandemi Covid-19 masyarakat tetap bisa mendapatkan nutrisi dengan mengonsumsi susu dan daging sebagai imunitas. Ia menjelaskan Susu Segar Hometown adalah 100% susu murni tanpa tambahan apapun seperti air, gula, pemanis, pengawet, dan lainnya. Sehingga susu segar Hometown Dairy hanya bertahan sampai 3 hari setelah botol dibuka dan dimasukan ke lemari pendingin serta bertahan selama kurang lebih 7- 12 hari sebelum kemasan dibuka. Susu segar Hometown Dairy adalah produk dari PT Great Giant Livestock di bawah naungan Great Giant Foods.

Sementara itu, protein hewani yang terkandung dalam daging sapi sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi otak. Sedangkan zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Selain itu, gizi dan nutrisi dalam daging sapi sangat baik untuk semua orang, terutama yang aktif berkegiatan. Sebab, daging sapi dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit di saat pandemi seperti sekarang ini.

Anjani mengatakan, kebutuhan nutrisi yang berasal dari daging sapi bagi masyarakat Indonesia masih tinggi. Sebab berdasarkan data Organisation for Economic Co-operation and Development yang dirilis pada 2018, konsumsi daging pada masyarakat Indonesia pada 2017 baru mencapai rata-rata 1,8 kg untuk daging sapi. Rata-rata tingkat konsumsi daging di Indonesia juga masih jauh di bawah rata-rata tingkat konsumsi dunia yang mencapai 6,4 kg daging sapi.

Saat ini, Hometown Dairy dan Bonanza Beef ada di modern trade Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan seperti Ranch Market,Food Hall, Lotte Mart, GS Supermarket, Hero, Lion Superindo, Aeon, Grand Lucky, Kemchicks, Diamond, Market City, Papaya, Lulu, Berastagi Medan, Yogya Bandung, dan beberapa supermarket lainnya, juga bisa dibeli via market place seperti Shopee dan Tokopedia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)