Pentingnya Asuransi Perjalanan

Kesadaran memiliki asuransi perjalanan harus ditingkatkan

Asuransi perjalanan belum banyak yang menyadari sebagai hal esensial wisatawan. Ketika melakukan perjalanan ke luar kota maupun luar negeri, seringkali ada sejumlah kejadian tak terduga, mulai dari keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, sampai pembatalan penerbangan.

Kementerian Perhubungan mencatat bahwa satu dari lima penerbangan di Indonesia mengalami delay dan terdapat 1.991 kasus pembatalan penerbangan dalam periode semester pertama tahun 2018.

Walaupun wisatawan menghadapi risiko tinggi seperti delay dan pembatalan perjalan namun penetrasi asuransi Indonesia masih terbilang sangat rendah, yaitu hanya 1,1% per bulan Maret 2018. Padahal, asuransi perjalanan berperan penting dalam meminimalisir risiko waktu dan finansial yang dirugikan karena kejadian tak terduga ini.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab dari rendahnya pemesanan asuransi perjalanan, seperti proses klaim yang berbelit-belit, harga yang tinggi, ataupun proses pendaftaran yang memakan waktu.

Untungnya, memasuki era digital yang serba canggih, teknologi berperan penting untuk menjadikan asuransi perjalanan lebih bermanfaat bagi semua orang. Potensi inilah yang dimanfaatkan oleh Cleosent Randing, Founder dan CEO dari PasarPolis. Sebagai salah satu pionir dan pemain terbesar di kalanganstartup insurance tech (insurtech), PasarPolis mempunyai misi agar asuransi dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

PasarPolis untuk asuransi perjalanan ada fitur klaim instan, notifikasi langsung kepada pemegang polis, dan proses pencairan yang hanya memakan waktu beberapa menit. Ketika terjadi delay maupun cancellation, PasarPolis otomatis akan mengirimkan notifikasi instan melalui SMS dan WhatsApp agar pemegang polis dapat melalukan klaim. Setelah itu, pemegang polis hanya perlu memasukkan nomor HP, nomor polis, dan rekening bank, laludana akan masuk ke rekening dalam 1 x 24 jam.

Sebagai perbandingan, asuransi perjalanan di perusahaan asuransi konvensional mewajibkan pemegang polis untuk mengirimkan dokumen-dokumen, seperti fotokopi identitas diri, tiket asli penerbangan, hingga surat pernyataan resmi darimaskapai penerbangan. Beberapa perusahaan juga hanya menerima proses klaim secara offline, yaitu mendatangi langsung kantor cabang terdekat.

“Kami menyadari bahwa efisiensi dan kepraktisan merupakan faktor utama agar pemegang polis bisa merasa terlindungi dan mendapatkan pengalaman perjalanan terbaik. Dengan menggunakan teknologi dalam setiap proses pencairan asuransi, kami bisa menghadirkan asuransi yang mudah dibeli, memiliki harga terjangkau, waktu klaim yang sangat pendek, dan proses klaim yang sangat mudah,” kata Cleosent.

Mengusung strategi bisnis ‘jemput bola’, PasarPolis bekerja sama dengan berbagai penyedia jasa transportasi serta Online Travel Agent (OTA) untuk mempermudah wisatawan dalam membeli asuransi perjalanan. Untuk menjangkau berbagai kalangan masyarakat, harga asuransi PasarPolis pun dimulai dari belasan ribu saja. Ini merupakan cara mereka untuk menghapuskan stigma bahwa asuransi perjalanan hanya bagi kelas menengah ke atas saja.

Baru-baru ini, PasarPolis meresmikan kolaborasi dengan Pegipegi untuk menghadirkan layanan PegiPegi Travel Protection bagi para pelanggan. Asuransi perjalanan ini melindungi penumpang dari segala kejadian tidak terduga, yang meliputi ganti rugi keterlambatan hingga Rp 3 juta, santunan kecelakaan hingga Rp 100 juta, refund pembatalan penerbangan hingga Rp 10 juta, dan ganti rugi kehilangan penerbangan lanjutan hingga Rp 5 juta. Cara mengaktifkan asuransi ini sangat mudah yaitu penumpang hanya perlu mengaktifkan tombol Asuransi pada saat pembelian tiket pesawat di Pegipegi.

Serlina Wijaya, Chief Marketing Officer (CMO) Pegipegi mengatakan, Pegipegi terus berupaya memberikan pengalaman traveling terbaik bagi seluruh pelanggan. Kami melihat kendala seperti delay dan pembatalan penerbangan merupakan hal yang kerap dialami.

"Maka dari itu, kami menghadirkan Pegipegi Travel protection yang memiliki perlindungan lengkap, proses mudah, klaim instan dan terjangkau dengan tujuan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan traveling bagi seluruh pelanggan," ujarnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)