Pentingnya Branding dan Komunikasi Bagi UMKM

Branding dan mengomunikasikan produk merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar bisa menembus pasar dan tetap eksis sehingga dapat memperluas usahanya.

Communication Lead Briefer.id Celixa Yovanka mengungkapkan, untuk dapat terus bertumbuh, pelaku UMKM di Indonesia perlu membekali diri dengan kemampuan melakukan branding dan mengkomunikasikan produk, sehingga mereka dapat memanfaatkan medium-medium digital yang relatif terjangkau.

"Saat ini, mengomunikasikan produk UMKM dan usaha secara digital seperti melalui media sosial lebih optimal. Karena dapat menyasar khalayak yang ditarget dan dapat menumbuhkan skala bisnisnya secara bertahap," katanya.

Brand Strategist Purwanto Hasan mengatakan meski banyak produk yang sama di pasaran, tetapi tetap ada bedanya. “Yang membedakan adalah apa tujuan dari pembuatan produknya atau bagaimana kisah di balik produk tersebut. Hal itu tentunya penting untuk dikomunikasikan melalui branding yang baik kepada konsumen agar tetap loyal," jelasnya. Artinya, dalam hal ini branding bukan sekadar masalah merek atau visualisasi yang bagus dari sebuah produk. Lebih dalam dari itu, branding terkait nilai-nilai yang ingin disampaikan seperti awal sebuah produk terbentuk, hingga citra yang ingin dicapai.

“Contohnya Wakai, dia mengincar orang–orang yang suka produk look-alike Jepang dengan harga yang lebih murah. Makanya dia membuat produk sepatu Jepang sehingga orang-orang berprasangka bahwa itu adalah produk Jepang padahal produk lokal,” ujar Purwanto.

Dengan menguatkan komunikasi melalui branding yang baik, konsumen dapat membedakan produk yang satu dengan produk yang lain meski tampak sama. Harapannya konsumen lebih menyukai dan mengkonsumsi produk tersebut.

Menurut Purwanto, kisah yang tepat dari sebuah produk akan juga membuat konsumen tersentuh dan tertarik untuk mencoba dan membeli produk tersebut. Karena itu dalam membuat kisah sebuah produk, pelaku UMKM harus mencari keunikan di balik produk tersebut.

Kisah atau cerita di balik sebuah brand pun menurutnya harus konsisten. Pelaku usaha harus menjauhi kisah negatif yang membuat konsumen enggan mencoba produk tersebut. “Pertama cari insights dulu, apa yang orang-orang mau. Tapi mulailah dari produk yang diketahui dan disukai oleh diri sendiri. Story – story (negatif) tersebut menurut saya gak akan terjual, mungkin sekali, tetapi habis itu orang akan merasa bahwa you’re just making it up biar orang mau beli,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, pemilik usaha kuliner Sei Sapi dengan merek Frozen Food by Seisapi yang juga pegiat media sosial Driana Rini mengamini Purwanto. Berdasarkan pengalaman pribadinya, Driana mengungkapkan cara berjualan paling enak adalah dengan bercerita atau story telling. Pasalnya, hal tersebut bisa menyentuh hati para konsumen. Selain itu, kata dia, penjual juga harus memastikan produknya bagus, cita rasa makanan enak, dan menonjolkan keunikannya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)