Pentingnya ESG untuk Lindungi Bisnis dan` Risiko yang Tak Terduga | SWA.co.id

Pentingnya ESG untuk Lindungi Bisnis dan` Risiko yang Tak Terduga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan konsep tata kelola perusahaan Environment, Social and Governance (ESG) berkorelasi positif terhadap kinerja perusahaan.

Hal ini disampaikan Menko Perekenomian melalui pidato sambutan secara virtual di acara Executive Seminar on Business: Optimizing ESG and Corporate Performance towards Business Sustainability, yang diselenggarakan oleh Forum Ekselen Bisnis Indonesia (Febindo) dan Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) di Jakarta, Kamis.

"Selain mengamankan pertumbuhan ekonomi, (ESG) juga membuka akseptansi bisnis lebih luas di pasar global, dan mengurangi tekanan regulator dan LSM," ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa seluruh dunia sedang mengadapi The Perfect Storm (Badai yang Sempurna) yang disebut 5C (Covid-19, Conflic Rusia-Ukraina, Climate Change, Commodity Prices dan Cost of Living. Oleh karena itu, untuk menghadapinya, dia mengimbau agar perusahaan untuk mengurangi emisi dan berinvestasi dalam menjaga kondisi iklim. Airlangga mengungkapkan bahwa saat ini sudah mulai banyak investor dan pembuat kebijakan yang mengedepankan ESG. "Oleh karena itu, penting dunia usaha untuk mengimplementasikan ESG demi menghindari risiko tak terduga," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Febindo Faisal Yusra mengatakan, ESG sudah teruji sebagai salah satu kunci untuk mewujudkan kinerja bisnis yang ekselen, berkelanjutan dan berdaya saing global. "Febindo selaku mitra dunia usaha berkomitmen untuk mendukung pengimplementasian ESG pada dunia usaha," tuturnya.

Seminar ini menghadirkan sesi diskusi interaktif dengan empat pembicara kunci yakni Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Sidqi, Deputy CEO Indonesia Investment Authority Arief Budiman, Dewan Pembina IICD Sidharta Utama, dan Direktur Kepatuhan Bank Rakyat Indonesia Ahmad Solichin Lutfiyanto.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)