Pentingnya Membangun Mindset Keuangan

Uang menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sayangnya, anggapan tersebut tidak diiringi oleh kebijakan dalam menggunakannya.

Banyak orang yang lengah dan terbuai dalam kekayaannya, tanpa sadar bahwa kebiasaan buruknya hanya akan mengantarnya ke jurang nestapa.

Lihatlah berapa banyak kasus seseorang dikejar debt collector, berapa banyak pengusaha yang bangkrut, dan jumlah angka anak putus sekolah karena kekurangan biaya.

Memang, sebagian merupakan takdir yang ditentukan oleh Yang Maha Kuasa, namun sebagian besarnya ditentukan oleh seberapa besar usaha kita untuk meraih dan menjaga rezeki yang dititipkan.

Tingkat kekayaan seseorang tidak menjamin kesehatan keuangannya. Ada yang asetnya banyak, tetapi gaya hidupnya hedonis maka uangnya pun akan dipakai untuk barang – barang konsumtif. Namun, ada juga yang hidupnya sederhana karena uangnya dialihkan untuk investasi.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pada dasarnya hal ini terjadi karena perbedaan mindset terhadap uang. Ada yang menggunakan uang hanya untuk bersenang – senang. Ada yang sangat hati – hati dalam mengeluarkan uang dan takut kehabisan harta. Ada pula yang menyeimbangkan keduanya, artinya uang yang dimiliki sebagian akan disimpan dan sebagian lainnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Jika seseorang terjerat dalam masalah keuangan yang cukup berat, maka tujuan utamanya langsung mencari solusi dari masalah tersebut.

Tetapi, sebenarnya ada hal mendasar yang harus diketahui terlebih dahulu, yakni mindset keuangan yang benar. Apabila seseorang hanya fokus pada penyelesaian masalahnya, tidak menutup kemungkinan masalah itu akan menimpa kembali.

Maka dengan mengubah mindset dapat menyelesaikan masalah yang sedang terjadi serta mencegah masalah keuangan lainnya.

Apa yang harus dilakukan untuk mengubah mindset?

Berbagai cara dapat dilakukan demi memperbaiki mindset yang sudah ada. Jika berkecukupan, kamu bisa mencari para ahli yang dapat membantu kamu, seperti konsultan keuangan. Konsultan keuangan pun bermacam – macam bidangnya. Ada yang bergelut di investasi, perpajakan, bisnis, UMKM dan konsultan keuangan personal.

Finansialku menyediakan jasa konsultan keuangan dengan berbagai spesifikasi keahlian. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Finansialku di Appstore maupun Playstore. Kamu dapat menghubungi para perencana keuangan kapan pun di mana pun hanya melalui fitur chat.

Tetapi, yang namanya masalah finansial pasti identik dengan ketiadaan atau kekurangan dana. Untuk itu, Finansialku pun memberikan edukasi kepada masyarakat secara gratis alias tanpa biaya. Kamu hanya perlu mengikuti berbagai akun Finansialku, mulai dari Instagram @finansialku_com, Youtube Finansialku.com, membaca artikel di website official www.finansialku.com dan podcast Finansialku di Spotify.Kata siapa belajar itu mahal? Sekarang Anda bisa mengedukasi diri tentang keuangan hanya melalui smartphone. (Mutiara Ramadhanti)

Artikel ini diproduksi oleh tim finansialku.com untuk swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)