Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan Bagi Pelancong

Geliat perjalanan pariwisata mulai menunjukkan peningkatan bersamaan dengan melandainya kurva penyebaran Covid-19. Selain kabar baik ini disambut oleh agen perjalanan dan para pelancong, penyedia asuransi pun tak mau ketinggalan.

Adanya asuransi perjalanan masih jarang dibahas, padahal asuransi ini memiliki segudang manfaat yang bisa membuat perjalanan lebih aman dan nyaman. Sejumlah manfaat tersebut misalnya perlindungan medis, bantuan ketika mengalami ketidaknyamana di perjalanan, hingga perlindungan rumah saat ditinggalkan.

Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia Alwin Jasim mengatakan di saat pandemi ini, memiliki asuransi perjalanan sangatlah penting, terutama untuk risiko akibat pandemi COVID-19 maupun yang lainnya. “Dengan memiliki asuransi perjalanan, masyarakat yang melakukan perjalanan saat pandemi tidak perlu khawatir karena sudah mendapatkan jaminan dari kerugian finansial apabila terjadi sesuatu,” ujarnya.

Allianz baru saja memperbarui produk asuransi perjalanan internasionalnya, yakni TravelPro yang juga menawarkan perlindungan saat epidemi dan pandemi agar dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Jenis asuransi ini dapat memberikan jaminan adanya penggantian biaya perjalanan apabila seseorang terpapar virus COVID-19 di negara tujuan, serta jaminan lainnya.

“Kepemilikan asuransi perjalanan ini tidak hanya bagi seseorang yang ingin berwisata saja, namun juga masyarakat yang masih harus berpergian untuk business trip juga perlu memiliki asuransi ini,” kata Alwin.

Di 26 negara yang tergabung dalam Visa Schengen, seperti Austria, Belanda, dan Denmark, memiliki asuransi perjalanan menjadi syarat wajib bagi pelancong untuk dapat mendatangi negara-negara tersebut. Selama pandemi pun, Turki dan Singapura misalnya mewajibkan pelancong dari Indonesia memiliki asuransi perjalanan sesuai dengan saran dari KBRI. Negara seperti Singapura juga mewajibkan wisatawannya untuk memiliki asuransi perjalanan selama pandemi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)