Pentingnya Mulai Menggunakan Solusi Listrik Tenaga Surya

Anthony Utomo, Direktur Utomodeck Metal (ke-2 dari kanan) Foto: Ino

Kejadian blackout atau pemadaman listrik nyaris total sepanjang Pulau Jawa pada 4 Agustus lalu, menimbulkan kerugian tidak sedikit. Harusnya kejadian ini bisa diminimalkan jika pemilik rumah, terutama gedung tinggi menggunakan tenaga surya. Dan konsep energi bersih ini bisa diintegrasikan dengan solusi bangunan pintar yang ramah energi.

Menurut Direktur PT Utomodeck Metal Works, Anthony Utomo penting dipahami bagi pengelola high rise building di mana konsep intelligent building atau bangunan pintar dengan energi bersih yang bisa diintegrasikan bukan hanya dengan atap solar, juga kaca solar maupun solar pedestrian. ncapai 25% tahun depan.

Menurutnya, saat ditemui di sela Seminar Smart Energy Building: Implementations and Trends di Cyber 2 Jakarta (03/09/2019), tren penggunaan energi bersih makin besar ke depan apalagi dengan adanya Peraturan Menteri ESDM 49 Tahun 2018, bahwa pemilik gedung sekarang dapat memanfaatkan PV Surya sebagai sumber utama listrik tanpa baterai dengan sistem ekspor-impor ke PLN dengan berbagai aplikasi seperti PV Glass Window, Solar Rooftop atau PV Road. Apalagi pemerintah menargetkan penggunaan energi baru terbarukan ini.

“Konsep bangunan pintar dengan energi bersih yang diaplikasikan terintegrasi dengan bangunan antara lain atap solar, kaca solar maupun solar pedestrian adalah mutlak menjadi bagian holistik dalam memberikan user experience yang berwarna dan efisien bagi pengguna bangunan," ujarnya.

Melalui fenomena ini, para pemilik gedung, arsitek, desainer rumah dan pemerintah harus dapat memahami tren dan tantangan termasuk percampuran energi bersih guna untuk membangun solusi fotovoltaik terintegrasi.

Anthony menambahkan, sesuai dengan komitmen Utomodeck dalam industri konstruksi nasional dan merujuk pada pentingnya pemahaman konsep green energy di smart building, bersama XL Axiata Group selaku penyedia infrastruktur koneksitas IT. Untuk edukasi tentang Energy Management Through IoT Approaches , IoT in Smart Building: Sensors, Automation, & Ecosystem, BIPV (Building Integrated PV - Solar Cell) maupun konsep Solar Printing in Smart Building diselenggarakanlahSeminar Smart Energy Building: Implementations and Trends.

Seminar ini menampilkan pembicara seperti Senior IoT Practitioner Helmi Halim, Head of IoT innovation & Enablement Boy Wicaksono, Vice President Thin Film – Hanergy Group Zhaobo, Former Board Member of the Dutch Renewable Energy Association (NVDE) and Holland Solar, the Dutch Trade Organization for Solar Energy Martin Schootstra, Solar Technology Researcher CTO of Surya N. Edwin Widjonarko, Ph. D juga Anthony sebagai praktisi di bisnis ini.

Anthony mengatakn, melalui seminar ini diharapkan pengelola gedung bisa memahami solusi atap dan instalasinya, solusi bangunan pintar dengan energi bersih. Target pasarnya adalah industrial, high rest building, perumahan.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)