Management Trends zkumparan

Pentingnya Penyesuaian Benefit Kesehatan di Masa Pandemi

Di tengah situasi pandemi Covid-19, human capital berbondong-bondong mengalihkan benefit karyawan. Sistem kerja Work from Home (WFH) membuat sejumlah perusahaan mempertimbangkan hal-hal apa saja yang tetap ada dalam health benefit, diubah, maupun dihilangkan.

Menyoroti topik ini, Majalah SWA berkolaborasi dengan Lintasarta dan Owlexa Healthcare mengadakan Webinar Series HR Talk 2021 bertema “Reinventing Human Capital in the New Normal Era”.Webinar ini turut mengundang pakar human capital management yani Senior Expert of HR Practice Josef Bataona, SVP HCM Lintasarta Triharry Darmawan Oetji, dan Senior Advisor Owlexa Healthcare Indar Siswanto.

Indar memaparkan pentingnya peningkatan skill HC dalam memahami karyawan yang terdiri dari berbagai generasi. Meminjam istilah marketing dalam meraup target customer, HC juga harus melakukan targeting dan positioning untuk memahami kebutuhan karyawan. “Kita perlu fleksibel sehingga yang kita berikan kepada karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan,” tuturnya.

Indar mencontohkan pada karyawan milenial di masa pandemi, health benefit seperti biaya perawatan rumah sakit bisa diganti dengan bentuk lainnya seperti olahraga atau hobi. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan kesehatan karyawan yang tidak hanya fisik, tetapi juga mental. Benefit lainnya yang bisa diorkestrasi antara lain pemberikan kebutuhan suplemen dan jamu bagi karyawan yang WFH atau memfasilitasi hobi karyawan.

“Ini akan membentuk health benefit yang lengkap secara mental, fisik, dan sosial. Tentunya ujung dari ini adalah produktivitas karyawan. Kalau ini bisa kita ramu dengan tepat, tentunya perusahaan akan memberikan karyawan rasa happy, healthy, and safety. Terutama kepada karyawan yang risikonya tinggi. Dengan karyawan lebih sehat dan bahagia akan melahirkan budaya sehat. Ujungnya adalah menjadi reputasi yang baik korporasi,” jelasnya.

Owlexa Healthcare adalah unit bisnis Lintasarta di bisnis administrasi kesehatan. Saat pandemi, Owlexa yang 90% karyawannya merupakan tenaga kesehatan telah berkolaborasi dengan 3800 rumah sakit di seluruh Indonesia.

Salah satu transformasi yang dilakukan oleh Owlexa adalah menghadirkan metode penjaminan nontunai layaknya asuransi bernama Administration Service Only (ASO). Solusi ini dapat dijadikan alternatif manajemen kesehatan karyawan perusahaan. Beberapa keunggulannya dibandingkan layanan asuransi adalah transparansi hasil proses dan penyampaian update layanan kesehatan melalui web report bagi HR dan mobile apps.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved