Pentingnya Transformasi Digital dalam Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi

Singapore International Foundation (SIF), bekerja sama dengan Indonesia Bright Foundation (IBF) menyelenggarakan dialog virtual sebagai bagian dari program SIF eConnects! Indonesia 2020. Dialog pekan lalu (17/10/2020) ini membahas mengenai peran teknologi sebagai kekuatan untuk berbuat kebaikan dan katalisator untuk kolaborasi antar manusia, khususnya di era COVID-19.

Ketua SIF Duta Besar Ong Keng Yong dalam sambutannya menyinggung bagaimana Singapura memanfaatkan teknologi digital dan konektivitas ASEAN untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan dari pandemi ini dan berkontribusi pada solidaritas ASEAN. Salah satu contohnya bagaimana SIF dan mitranya di Indonesia berkumpul untuk secara kreatif dalam memindahkan program secara daring, ketika pembatasan perjalanan mengganggu rencana kolaborasi dan program yang sedang berjalan, demi mewujudkan komitmen untuk meningkatkan kehidupan di masyarakat.

"Kami di Jawa Barat mendorong digitalisasi, inisiatif yang kami dorong bertujuan membangun ekosistem digital yang inovatif dan berkelanjutan untuk mencapai tata kelola dan layanan masyarakat yang lebih baik di Jawa Barat," kata Gubernur Ridwan Kamil. Ia menyebut, salah satu contohnya adalah Desa Digital Jawa Barat yang berupaya memberdayakan warga desa dengan mengimplementasikan internet dan teknologi di masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan.

Misalnya, mereka mendistribusikan 50.000 ponsel ke desa-desa, yang dilengkapi dengan aplikasi untuk berkomunikasi langsung dengan pembuat kebijakan di provinsi tersebut. Upaya digital tersebut telah mentransformasi lebih dari 500 desa tertinggal menjadi berkembang dalam kurun waktu singkat, bahkan selama pandemi.

“Saya senang menjadi bagian dari Dialog SIF eConnects! Indonesia 2020 di mana saya diberikan platform untuk berbagi tentang inisiatif digital terkini di Jawa Barat, Indonesia dalam menghadapi pandemi.  Selain itu, saya juga mendapatkan wawasan baru mengenai strategi inovatif yang dilakukan oleh Singapura dan SI," ujar Ridwan. Dia percaya dialog ini akan membuka peluang baru bagi kedua negara untuk terus berkolaborasi dalam inisiatif yang dapat membantu kita mencapai tujuan bersama.

Duta Besar Ong menuturkan, di masa krisis pandemi global ini telah menekankan pentingnya jaringan internasional yang kuat dan kolaborasi dalam menemukan solusi untuk tantangan global. Ia menambahkan hubungan erat SIF dengan Indonesia selama 30 tahun terakhir – yang telah berkolaborasi dalam lebih dari 100 inisiatif di bidang perawatan kesehatan, pendidikan, dan bisnis - akan terus terjalin dengan kuat, memungkinkan upaya kita untuk bersama-sama membangun dunia yang lebih baik.

Selama satu jam berdialog, kedua panelis sepakat akan pentingnya transformasi digital dalam memungkinkan masyarakat untuk menumbuhkan ekonomi dan mengubah kehidupan. Mereka membahas integrasi digital sebagai pendorong penting untuk menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang dapat bersaing secara lebih efektif di dunia internasional, dan dalam menciptakan ASEAN yang lebih inklusif.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)