Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri, Kalbe Produksi Benang Bedah

PT Kalbe Farma Tbk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaiknya, termasuk melakukan pengembangan bisnis sebagai industri manufaktur alat kesehatan melalui anak usaha PT Forsta Kalmedic Global (Forsta). Forsta mengembangkan produk alat kesehatan pertamanya yakni surgical suture atau benang bedah produksi dalam negeri.

Produksi benang bedah dengan merek Elva ini telah mendapatkan izin registrasi dari Kementerian Kesehatan pada 1 Juli 2021. Pengembangan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan operasi bedah di Indonesia dan mendukung kebijakan pemerintah agar terjadi ketahanan dan kemandirian nasional akan industri alat kesehatan di Indonesia.

“Kalbe melalui Forsta telah melakukan riset dan berkolaborasi dengan berbagai partner global untuk mengembangkan teknologi produksi surgical suture dalam negeri dengan standar kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar negeri. Produksi alat kesehatan dalam negeri ini merupakan bagian dari kontribusi Kalbe dalam mewujudkan kemandirian alat kesehatan di Indonesia,” kata Yvone Astri Della Sijabat, Direktur Forsta.

Yvone mengungkapkan bahwa Forsta telah memproduksi benang bedah sintetik non-absorbable di Q4 2021, perusahaan kini sedang melakukan pengembangan untuk melengkapi portofolio dari jenis benang bedah lainnya dan akan dipasarkan pada awal tahun 2022 mendatang.

“Seperti halnya produk Kalbe lainnya yang mengedepankan mutu dan inovasi, Forsta juga mengadopsi teknologi terbaru dan menggunakan material terbaik untuk memastikan produk yang dihasilkan secara lokal ini bisa diterima juga di pasar global. Target kami ke depan adalah menghasilkan local product with premium quality, dan tentunya at affordable cost,” tambah Yvone.

Yvone menargetkan performa benang bedah Elva akan bertumbuh signifikan setiap tahunnya dan mencapai 10% market share di 2025 dan berharap benang bedah Elva mampu memberikan kontribusi terhadap produksi alat kesehatan secara lokal sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar tapi juga dapat menjadi tuan rumah industri alat kesehatan di tanah air.

Tidak hanya surgical suture, perusahaan yang didirikan pada 8 Mei 2019 ini akan terus melakukan riset dan berkolaborasi dengan berbagai partner teknologi di global untuk mengembangkan produk alat kesehatan lainnya yang secara strategis diperlukan di Indonesia dan sejalan dengan visi dan misi Kalbe untuk meningkatkan kesehatan bagi kehidupan yang lebih baik.

Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)