Peran Pelaku Bisnis Diharapkan Wujudkan Sustainable Development

kiri-kanan : Mohamad Yaser Arafat, Communication And Public Information Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI); Juniati Gunawan, Phd, Director Trisakti Sustainability Center dan Semerdanta Pusaka, Country Director For Sr Asia Indonesia.

Untuk mewujudkan Agenda for Sustainable Development atau UN Sustainable Development Goals (SDGs), tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah, tapi seluruh elemen masyarakat termasuk sektor swasta berusaha untuk berkontribusi mewujudkan SDGs. Mengingat SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) menjadi cita-cita seluruh warga dunia, termasuk Indonesia, yang diwujudkan dalam berbagai inisiatif untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Bulan September 2021 menjadi tahun ke 6 sejak ditetapkannya 2030 Agenda for Sustainable Development atau UN Sustainable Development Goals (SDGs). Rencananya PT Aicon Global Indonesia menyelenggarakan Sustainability September dengan tema “Mainstreaming Good Sustainability Practices”.

Festival ini akan digelar tanggal 13 – 17 September 2021 secara virtual dan berlangsung secara gratis selama 5 hari. Untuk menggelar acara ini, PT Aicon Global Indonesia bekerja sama dengan Trisakti Sustainability Center dan SR Asia untuk membuka kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman, serta menangkap aspirasi pelaku industri dalam menghadapi tantangan menjalankan praktik keberlanjutan.

Juniati Gunawan, PhD, Direktur Trisakti Sustainability Center, sepakat Sustainability Festival ini diadakan secara tahunan. Sebagai pusat kajian keberlanjutan, Universitas Trisakti sangat mendukung diselenggarakannya festival keberlanjutan ini dan dapat memberikan apresiasi dan kesempatan untuk perusahaan lain yang telah menjalankan praktik keberlanjutan meningkatkan exposure di ranah publik.

Juniati menegaskan butuh terobosan dalam hal praktik keberlanjutan di tanah air, yaitu sustainability leader. Ini harus ada orang, leader atau BOD (board of director) yang diberi wewenang. Sehingga akan jelas seperti apa implementasinya, mulai dari key performance index (KPI) yang termonitor, strategi dan roadmap.

Mohamad Yaser Arafat, Communication and Public Information Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) menambahkan, Sustainability Festival diadakan untuk menyediakan wadah bagi sektor swasta dan pemangku kepentingan untuk berdiskusi mengenai praktik-praktik keberlanjutan dan success story yang sudah dijalankan oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Sebagai informasi, UN SDGs sudah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia kedalam Perintah Presiden (PerPres) No. 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Mendukung pencapaian tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mempersiapkan peta implementasi keuangan berkelanjutan pertama sejak tahun 2015 dan peta jalan kedua di tahun 2021.

Sesuai dengan Peraturan OJK No.51/POJK.03/2017, perusahaan lembaga keuangan, emiten, dan perusahaan publik diminta untuk mengimplementasikan keuangan berkelanjutan dan pelaporan keberlanjutan. “Peraturan-peraturan ini menjadi dasar bagi perusahaan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis yang ramah lingkungan dan sosial,” kata Country Director for SR Asia Indonesia, Semerdanta Pusaka.

Ia menambahkan saat ini implementasi terukurnya praktik keberlanjutan perusahaan dalam bentuk Laporan Keberlanjutan yang dokumennya berdiri sendiri belum banyak. Dalam tahun 2020 ada 90 perusahaan dan tahun 2019 ada 61 perusahaan. "Kita dorong agar mau, karena penilaian tidak sekedar dari ekonomi saja," ujar Samerdanta.

Delfania Matasik, MSc, Senior Sustainability Advisor Aicon Global Indonesia, mengatakan, kontribudi sektor swasta sangat diharapkan untuk mewujudkan SDGs. Hal tersebut bisa dilakukan melalui strategi usaha yang berkelanjutan, melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta menyusun laporan berkelanjutan. Tahun ini Sustainability Festival akan diisi oleh pembicara dari PT Multi Bintang Indonesia Tbk., PT CIMB Niaga Tbk., PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Vale Indonesia Tbk., dan PT Kalbe Farma Tbk.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)