Peran Teknologi dalam Membangun SDM Unggul

Kevin Thompson Co Owner, ASI Asia Pacific (berkaos merah)

Salah satu visi 5 tahun yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato yang disampaikan saat 17 Agustus 2019 adalah Membangun SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul menyambut era Industri 4.0. Dalam era Industri 4.0 penggunaan teknologi digital menjadi tuntutan, yang juga harus didukung SDM unggul di bidang ini.

Untuk melahirkan dan mengembangkan SDM unggul bidang teknologi digital ini dibahas dalam Indonesia HR Summit ke 11 di Nusa Dua, Bali yang dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignatius Jonan.

Salah satu pembicara, Kevin Thompson (Co owner, ASI Asia Pacific), secara spesifik menyoroti pentingnya pemanfaatan platform asesmen online dalam mendukung muncul dan berkembangnya SDM unggul untuk Indonesia maju.

Dalam sesinya di Indonesia HR Summit pada hari kedua (19/09/2019), Kevin menyampaikan kehadiran teknologi yang mendukung peran pengembangan sumber daya manusia merupakan hal yang tak dapat ditawar lagi.

“Perkembangan industri 4.0 saat ini harus disikapi secara bijak dengan pemahaman teknologi SDM yang baik guna melahirkan potensi SDM yang unggul untuk Indonesia. Keberadaan HR Technology menjadi solusi penting mendapatkan SDM yang berkualitas secara terukur, efektif, dan efisien. Industri dan institusi membutuhkan hal tersebut bila ingin lebih kompetitif dalam mencetak SDM-SDM terbaik Indonesia,” jelas Kevin.

Kevin bersama sejumlah anak bangsa melalui ASI Asia Pacific secara berkelanjutan mengembangkan HR Technology untuk membantu perkembangan industri kecil, sedang, korporasi besar di Indonesia, termasuk sejumlah lembaga pemerintahan.

Guna memperkenalkan teknologi di bidang SDM, ASI Asia Pacific menghadirkan Smart Platform versi terbaru sebagai bentuk pemutakhiran teknologi asesmen online yang merupakan buatan Indonesia pertama yang telah diminati sejumlah perusahaan di manca negara. Smart Platform sangat membantu peran SDM dalam mendapatkan dan mengembangkan SDM berkualitas secara maksimal.

Platform assesment online membantu industri dan lembaga pemerintahan untuk melakukan assesment online secara presisi dan mudah. Dalam pemanfaatannya, Smart Platform dapat digunakan melalui smartphone oleh setiap individu kandidat SDM. Dengan konsep animasi dan kecerdasan buatan (artificial intelligence), Smart Platform menjadi teknologi yang menarik untuk mendapatkan hasil penilaian potensi SDM terbaik secara ekonomis.

Kehadiran Smart Platform menjadi salah satu jawaban kebutuhan industri maupun lembaga pemerintahan saat ini dalam mendukung pesan kunci Presiden Joko Widodo melahirkan SDM unggul untuk Indonesia maju.

Sejumlah pemain utama dalam industri minyak, gas, pertambangan, dan perbankan mulai memanfaatkan teknologi tersebut. Bahkan karena memberikan hasil optimal dengan biaya terjangkau, Smart Platform juga mulai dimanfaatkan bisnis skala kecil sekelas UKM di sejumlah daerah.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)