Perangkat Wearable dan Aplikasi Mobile Jadi Investasi Utama Teknologi Perawatan Kesehatan bagi HNWI

Foto: id.kisspng.com

Standard Chartered Bank bekerjasama dengan Economist Intelligence Unit menelusuri kebiasaan kalangan HWNI (High Net Worth Individuals -- golongan kaya) terhadap cara mereka berinvestasi pada kesehatan dengan memanfaatkan teknologi seperti perangkat wearables dan aplikasi mobile yang bisa mendorong perubahan masyarakat secara keseluruhan.

Bertajuk The Future of Healthcare: Preventative, Personalized and Precise, laporan yang merupakan seri ketiga dari "Better Life Breakthroughs" yang menganalisis inovasi yang berpotensi memperpanjang dan meningkatkan kualitas hidup, memberikan pengalaman baru serta meningkatkan taraf hidup masyarakat secara umum ini mengungkapkan bagaimana kalangan kaya (HNWI) di wilayah Asia, Afrika dan Timur Tengah semakin yakin atas kondisi kesehatan mereka di masa depan dan serta secara aktif menggunakan teknologi untuk perawatan. Hal ini terlihat dari pola investasi yang dialokasikan ke berbagai teknologi perawatan kesehatan dalam waktu yang bersamaan.

Survei terhadap 480 HWNI di seluruh tiga wilayah – Asia, Afrika, dan Timur Tengah – menunjukkan bahwa lebih dari 90% responden menggunakan perangkat wearable untuk merawat kesehatan mereka. Di Indonesia, hanya 11.4% dari responden yang tidak menggunakan perangkat wearable untuk memantau kondisi kesehatan. Kalangan HWNI juga menggunakan teknologi untuk merawat kesehatan secara pribadi, kebanyakan dengan metode memasukkan data, melacak dan memantau kesehatan (45,4%) serta untuk mengingatkan diri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur (38,6%).

HNWI juga secara aktif menjaga kesehatan mereka yang tercermin dalam pola investasi mereka. Para responden yang disurvei berinvestasi setidaknya dalam tiga teknologi perawatan kesehatan yang berbeda. Tiga sektor pilihan mereka berinvestasi adalah klinik perawatan pasien baik rawat jalan atau inap, aplikasi seluler (keduanya 40,9%), penyimpanan data serta analitik untuk perawatan kesehatan (31,8%) serta obat-obatan pribadi (29,5%).

Fokus masa depan perawatan kesehatan bergeser dari pengobatan ke pencegahan, dimana HNWI akan menyesuaikan gaya hidup untuk mengelola risiko kesehatan pribadi dan menghindari penyakit. Seperti cara mereka risiko portofolio, HNWI ingin mengelola kesehatan mereka dengan mengenali serta berfokus pada metrik yang penting, memantaunya dari waktu ke waktu, dan menanggapi tren terbaru dengan cepat.

“Klien HWNI kami tertarik memahami lebih jauh mengenai tren di masa depan, sehingga mereka menggabungkan pengetahuan ini dalam investasi dan strategi bisnis mereka. Hal-hal baru dalam perawatan kesehatan yang diminati oleh kalangan HWNI saat ini akan menjadi hal yang biasa di masa yang akan datang. Fokus pada pencegahan didorong oleh teknologi inovatif seperti produk Wearable, Artificial Intelligence (AI/Kecerdasan Buatan) dan analitik data tingkat lanjut, memberikan kesempatan bagi para pengguna awal untuk meningkatkan kondisi kesehatan mereka serta mengambil keuntungan dari investasi dan peluang bisnis di sektor ini,” ujar Didier von Daeniken, Global Head, Private Banking & Wealth Management, Standard Chartered Bank dalam keterangan tertulisnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)