Perawatan Tubuh Jadi Kategori dengan Kenaikan Sales Tertinggi saat Shopee 11.11

Brand Love, Beauty & Planet berhasil mencapai kenaikan nilai penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

PT Telunjuk Komputasi Indonesia melalui anak usahanya Compas.co.id melansir Compas Market Insight Report yang memaparkan mengenai campaign Shopee pada event belanja online 11.11 lalu. Riset yang dilakukan Compas menunjukkan bahwa kategori Perawatan Tubuh menjadi highlight dengan kenaikan sales tertinggi saat Shopee 11.11.

Pada kategori Perawatan Tubuh, kategori produk yang memiliki peningkatan sales revenue terbesar adalah kategori produk sabun mandi dengan jumlah peningkatan mencapai 2 kali lipat dari hari biasa, kemudian kategori produk deodoran juga mengalami peningkatan mencapai 1.7 kali lipat dari hari biasa dan yang terakhir adalah kategori produk scrub peel tubuh yang mengalami peningkatan menjadi 1.5 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Pada kategori sabun mandi, brand Love, Beauty & Planet berhasil mencapai kenaikan nilai penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Brand Love, Beauty & Planet dengan produk unggulan Murumuru Butter & Rose Vegan Soap menggunakan strategi potongan harga hingga 40%.

Untuk kategori deodorant, brand Nivea menggunakan strategi twin pack untuk produk deodoran unggulannya yaitu Personal Care Hijab Deodorant Roll-On 50 ml dan mengalami peningkatan penjualan hingga 9 kali lipat dibandingkan saat dijual satuan pada hari biasa.

Sementara kategori body scrub, brand The Body Shop mengadakan storewide discount hingga 50%. Dengan strategi ini, salah satu produk unggulannya Shea Exfoliating Sugar Body Scrub mengalami peningkatan penjualan hingga 4 kali lipat selama Shopee 11.11.

Berdasarkan report Compas, produk yang berhasil mengalami kenaikan penjualan mengadopsi strategi potongan harga untuk produk-produk unggulannya, strategi potongan harga pada setiap produk yang ada di toko online (storewide discount), dan penjualan barang value pack atau produk-produk yang dijual secara bersamaan sehingga menjadi lebih murah.

“Ketiga strategi marketing yang dilakukan oleh brand-brand ini terbukti mampu menggiring keputusan konsumen untuk membeli," ujar Arya Wicaksana Ospara selaku Head of Marketing Communication dari Compas.co.id.

Arya berharap, strategi yang tertangkap pada laporan yang dikeluarkan ini dapat diadopsi oleh para pelaku usaha lainnya maupun pemilik brand dalam menghadapi campaign belanja online akhir tahun yang diharapkan lebih meriah nantinya untuk dapat meningkatkan performa penjualan.
Laporan yang dikeluarkan ini juga diharapkan mampu memberikan insight bagi para pelaku usaha maupun pemilik brand untuk dapat mempersiapkan campaign besar belanja online akhir tahun dengan lebih baik.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)