Percepat Layanan, Grabfood Buat Sistem Terintegrasi

Hokben menjadi mitra pertama yang menggunakan sistem terintegrasi

Grabfood memperkenalkan sistem baru, yakni layanan pesan-antar makanan dan minuman yang terintegrasi. Sistem ini akan menghubungkan antara pelanggan, mitra pengemudi, dan mitra merchant.

Marketing Director Grab Indonesia, Mediko Azwar, menjelaskan, saat pelanggan memesan makanan atau minuman pada merchant-merchant yang tergabung dalam sistem tersebut, pesanan akan Iangsung diterima sistem pemesanan merchant dan aplikasi mitra pengemudi pada waktu yang sama.

"Merchant dapat langsung menyiapkan pesanan sementara mitra pengemudi menuju ke lokasi restoran. Saat mitra pengemudi tiba, mereka tidak perlu mengantri dan dapat langsung mengambil pesanan untuk diantarkan," katanya.

Mediko menambahkan, dengan sistem ini pelanggan akan menerima pesanan mereka dengan cepat, dan mitra pengemudi bisa menyelesaikan lebih banyak pesanan. Seperti telah diketahui, saat ini pesan-antar Grabfood sekitar 29 menit. Adanya sistem ini diharapkan dapat memangkas waktu tersebut.

Restoran cepat saji Hokben menjadi mitra pertama yang dipilih Grabfood untuk menggunakan sistem pesan antar ini. Menurut Mediko, Hokben termasuk salah satu restoran yang menunya paling banyak dipesan di Grabfood.

Marketing & Communication Group Head Hokben, Francisca Lucky P., mengatakan, sistem ini sudah digunakan di 150 outlet Hokben di Indonesia sejak 1 April lalu. “Berlakunya bertahap, karena perlu training, ada trial, tapi sebagian besar sudah bisa dilakukan,” katanya.

Pihaknya pun optimistis layanan ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan. “Kami fokus bagaimana memberikan kemudahan pada customer untuk mendapatkan menu Hokben. Layanan delivery online ini juga merupakan satu channel yang saat ini benar-benar memenuhi kebutuhan pelanggan,” kata Francisca.

Sementara itu, untuk menjaga kualitas makanan, Grabfood telah memperkenalkan Tas Grabfood bagi mitra pengemudi pada Maret lalu. Tas ini dilengkapi lapisan luar anti air dan lapisan dalam termal untuk menjaga suhu makanan.

Partisi pembagi ruang juga disediakan untuk meletakkan hingga 8 minuman dalam posisi tegak. Selain itu, tersedia juga tempat penyimpanan bukti pembelian dan sabuk pengaman agar lebih stabil saat membawa pesanan pelanggan.

“Selama setahun itu ada 70 fitur yang kita perbaiki, kita sangat serius untuk memberikan layanan yang terbaik tidak hanya pada konsumen tetapi juga bagaimana kita memberikan pendapatan yang lebih bagi mitra baik merchant atau mitra pengemudi," tambah Mediko.

Saat ini layanan Grabfood tersedia di 178 kota di Indonesia dengan volume pengiriman tumbuh hampir 10 kali lipat pada 2018. Lalu, lebih dari 150 gerai makanan internasional dan nasional telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Grabfood.

Selain itu, jumlah merchant di Indonesia telah tumbuh sebanyak 8x dengan lebih dari 80% merchant Grabfood merupakan para pengusaha UMKM.

“Ambisi kami adalah menjadi pemimpin pangsa tahun ini. Kita raih dalam satu tahun itu hanya bisa dicapai dalam tiga tahun oleh pemain lain,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)