Perempuan Pemimpin Berkarya di Setiap Era

Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan isu perempuan masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Adanya pengaruh budaya perempuan di posisi kedua memperbesar garis patriaki. Perempuan selalu dikontruksikan pada mengurus dan mengelola rumah tangga. Namun, hal ini berubah dengan hadirnya pejuang-pejuang perempuan, yang membawa era perubahan sehingga muncullah pemikiran bahwa perempuan sesungguhnya memiliki kesempatan yang sama dalam segala bidang.

Untuk hal ini peran dan dukungan pemerintah tak perlu diragukan lagi. Kini, pemerintah mengakui kesetaraan gender, hal ini menjadi wujud langkah nyata dalam menjalankan pelaksanaan seluruh bidang pembangunan. “Saya percaya upaya yang dilakukan pemerintah juga turut didukung oleh para pemimpin perempuan, terlebih lagi dalam masa covid. Dengan terciptanya perempuan sebagai pemimpin maka ada kesetaraan gender, hal ini menadakan perempuam memiliki hak yang sama, sehingga kedepan segala isu terkait perempuan dan anak dapat diatasi secara bersama, “jelas Menteri PPPA.

Sesuai dengan tema webinar "Perempuan Pemimpin Perkasa Berkarya di Setiap Era/Masa" yang digelar Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (9/9/2020), saat ini kemajuan kesetaraan gender tengah dilakukan tak hanya oleh pemerintah, tapi juga oleh organisasi terkecil di masyarakat. Salah satu ukuran kemajuan kesetaraan gender ini adalah bagaimana memastikan laki-laki dan perempuan menjadi sebagai alat pembangunan yang sama.

Kesetaraan gender adalah keniscayaan tanpa adanya kerja sama. Oleh karena, kesetaraan gender menjadi kerangka utama dalam pembangunan diskala bidang. Semoga apa yang dilakukan PPPI saat ini dapat menjadi masukan dan sumbangan moril yang kuat bagai para pemimpin perempuan indonesia, sampai kapanpun figur pemimipin perempuan itu masih terus diperlukan, “ ungkap Bintang.

Pendiri & Ketua Umum PPPI, Nana Irlisa, MM memaparkan satu tahun perjalan PPPI telah diisi dengan berbagai kegiatan yang turut berperan untuk negeri ini di antaranya berbagai kegiatan sosial dan pelatihan. Dalam momen apapun khususnya terkait kepedulian sosial seluruh aggota PPPI selalu siap mengambil perannya, hal ini menjadikan kekompakan dari para anggota yang notabene merupakan para perempuan pemimpin ini begitu erat.

Nana menjelaskan, PPPI diresmikan tepat di tanggal 9 September 2019, kehadiran organisasi ini untuk mendukung perempuan dan anak Indonesia, keberadaan PPPI juga turut didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia PPPI Webinar Series 1, Erma Zein, S.Kom berharap, ke depan PPPI bisa menjadi organisasi yang besar dan terdepan juga terpercaya serta bisa membawa kebaikan dan bermanfaat untuk seluruh bangsa, negara dan kita semua.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)