Pergulatan Hendy Membesarkan Unomax di Bisnis Aksesoris Gadget Premium

Aksesoris gadget kini menjadi incaran banyak orang dan menjadi bagian dari gaya hidup. Tanpa disadari, tren smartphone saat ini dibarengi dengan tren aksesoris. Tidak heran jika sekarang ini aksesoris handphone banyak sekali ditawarkan di pasaran bebas, baik secara offline maupun online. Jadi sebagai pembeli juga harus pintar-pintar dalam memilih aksesories gadget ini agar tidak tertipu dan merasa kecewa saat membelinya.

Unomax adalah salah satu pemain lama di bidang aksesoris gadget ini. Usaha ini dirintis entrepreneur muda Hendy Sutanto. Berawal dari hobinya terhadap gadget, Hendy merintis usaha aksesoris gadget. “Saya memulai bisnis premium gadget accessories store pada 2013 lalu melalui online,” kata Hendy, CEO & Co-founder Unomax.

Dia menuturkan, nama Unomax diambil dari kata Uno atau satu dan Max yang berarti maximal. “Itu sesuai dengan filosofinya kami yang ingin menjadi nomor satu dengan memberikan layanan yang maksimal kepada customer,” ujar Hendy. Slogan yang diusung adalah “One Solution for Best Experience”. “Kami yakin bahwa experience customer sangat penting, mulai dari proses pencarian produk, menjamin produk 100 persen original, pemesanan barang, sampai proses unboxing paket, dan after sales harus mudah dan menyenangkan,” kata Hendy.

Produk awal yang dipasarkan Unomax adalah tempered glass screen protector atau anti gores dari brand Tyrex. Hendy menuturkan sangat sulit untuk menjual produk ini pertama kali di tahun 2013. “Karena kita harus memberikan edukasi kepada customer kalau ini anti gores generasi terbaru yang bahannya dari kaca sangat kuat dibandingkan anti gores plastik biasa. Kami banyak menemui langsung para customer sekaligus memasangkan lanti goresnya ke handphone mereka. Dan hampir semua yang beli produk ini ketika saya tanya takjub dengan screen protector ini karena selain dari kaca asli, tapi melindungi dan sangat kuat,” tuturnya mengklaim.

Hendy mengatakan tempered glass ini berevolusi sesuai dengan evolusi gadget-nya. Kemunculan gadget berlayar curved edge seperti Samsung Galaxy S7 edge yang layarnya melengkung menjadi tantangan bagi Unomax saat itu. Sebab, anti gores berbahan kaca yang kaku tentu tidak cocok untuk layar melengkung. “Waktu itu kami lumayan kesulitan untuk menyediakan tempered glass yang pas untuk Galaxy S7 edge. Lalu, melakukan research and development lagi sampai menemukan screen protector berbahan TPU yang bahannya lentur (sekarang lebih dikenal dengan hydrogel). Namun banyak orang merasa kurang pas dengan produk berbahan ini karena bahannya bukan kaca dan terasa kurang premium,” ungkapnya.

Setelah dilakukan lagi research and development, kata Hendy, akhirnya ditemukan tempered glass full glue dari brand pertama Gobukee dari Korea Selatan. Sebab saat itu kebanyakan tempered glass melengkung yang dijual di pasaran hanya memiliki edge glue alias lem hanya di pinggir saja sehingga mengurangi sensitivitas.

Perkembangan terbaru saat ini, Unomax pun menyediakan tempered glass yang memakai UV (ultraviolet) dengan brand T-Max. Untuk teknologi baru ini, tempered glass-nya menggunakan lem cair yang dituang di atas layar handphone, lalu tempered glass diletakkan di atasnya sampai lemnya menyebar rata. “Nah, begitu sudahmenyebar, diproses dengan lampu UV. Jadi prosesnya adalah ketika lem cairnya kena proses UV, dia akan kering menjadi lapisan lem yang tipis. Setelah di UV, tempered glass pun terpasang seperti full glue,” katanya.

Keunggulan tempered glass Unomax adalah sensitivitas tetap terjaga sehingga tetap lancar saat mengetik dan ketika dilepas tidak akan meninggalkan residu sehingga aman buat layar, dan oleophobic-nya bagus sehingga sidik jari tidak mudah menempel di layar. “Kami tidak mau main-main dengan produk, karena yang dilayani adalah customer yang memiliki HP premium. Jadi tidak mungkin menjual produk yang berkualitas jelek,” ucap Hendy.

Dia mengklaim, Unomax paling update untuk perkembangan tempered glass atau anti gores ini. Untuk HP apapun, begitu keluar Unomax langsung memikirkan anti gores apa yang paling cocok dan sesuai dengan HP tersebut. “Sebagai penjual aksesoris premium ini, saya juga wajib memastikan produk yang saya jual itu berfungsi dengan baik. Jadi secara otomatis setiap HP terbaru keluar, saya pasti beli dan tes langsung produk saya sekaligus membuatkan video tutorial cara pemasangan untuk ditayangkan di YouTube Channel Unomax. Hal ini bertujuan supaya customer yang tidak bisa langsung ke toko kami di Bekasi bisa memasang sendiri anti goresnya dengan mudah,” ujarnya.

Selain anti gores, produk unggulan Unomax adalah skin atau stiker case belakang dengan brand exacoat. Motif-motifnya ada yang Black Camo, Dragon Black, Titanium Black, Leather Black, dan masih banyak lagi.  Juga menyediakan produk aksesoris laptop yang bisa digunakan sebagai penunjang WFH di masa pandemi seperti sekarang. Nillkin ProDesk Adjustable Stand, memberikan pengguna sudut pandang yang nyaman saat menggunakan laptop/notebook. Dengan desain yang solid dan material Aluminum Alloy berkualitas tinggi dengan sudut pandang dan angle yang dapat diatur, alat ini bisa memperbaiki postur pengguna saat menggunakan laptop atau notebook.

“Aksesoris laptop ini lumayan banyak pembelinya di masa pandemi ini dan populer dengan review dari customer paling tinggi. Para user  puas dengan kualitas produk dan build quality premium,” kata Hendy mengklaim.

Unomax merupakan distributor dari beberapa brand aksesoris seperti Pixo, Nillkin, T-Max, Gobukee, Protego, Spigen, Ringke, dan masih banyak lagi. Memiliki offline store di Summarecon Bekasi yang juga melayani pemasangan Screen Protector dan Skin, Unomax pun aktif di marketplace Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.id dan lainnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)