Perjalanan Bisnis Gibran Sebagai Pengusaha, Sebelum Jadi Wali Kota Solo dan Cawapres Prabowo | SWA.co.id

Perjalanan Bisnis Gibran Sebagai Pengusaha, Sebelum Jadi Wali Kota Solo dan Cawapres Prabowo

Gibran Rakabuming Raka (Foto dokumentasi Chili Pari).
Gibran Rakabuming Raka (Foto dokumentasi Chili Pari).

Calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengumumkan dengan suara bulat Gibran Rakabuming Raka akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden atau cawapres pada Ahad, 22 Oktober 2023.

Lima tahun lalu, Gibran yang dikenal sebagai pengusaha bisnis kuliner hingga teknologi aplikasi ini pernah menyatakan bahwa ia tidak tertarik menjadi politikus. "Kalau jadi pebisnis, saya tertarik, tapi kalau politikus tidak," katanya di Cikini, Jakarta Pusat, Ahad, 11 Maret 2018.

Pada Desember 2010, Gibran mendirikan usaha kuliner jasa katering bernama Chili Pari. Selain Chili Pari, bisnis Gibran melebarkan sayap di Markobar. Itu adalah merek martabak kekinian itu merupakan bisnis generasi kedua pengusaha Arif Setyo Budi, yang dikembangkan alumnus Management Development of Singapore sejak 2015. Melalui bisnis itu, Markobar merambah pasar di luar Indonesia, seperti Filipina.

Namun, pada 2021, anak Jokowi ini terpilih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Seiring dengan itu, bisnis yang sebelumnya dijalankan Gibran banyak diserahkan kepada adiknya, Kaesang Pangarep.

Berikut ini adalah beberapa usaha yang pernah dijalankan oleh Gibran Rakabuming Raka.

  1. Chili Pari

Pada Desember 2010, Gibran mendirikan usaha kuliner jasa katering bernama Chili Pari. Usaha ini melayani keperluan acara-acara seremonial seperti pesta pernikahan. Menu masakan yang disediakan fokus pada makanan tradisional Jawa yang diracik dengan sentuhan modern.

  1. Markobar

Selain Chili Pari, bisnis Gibran melebarkan sayap di Markobar. Markobar adalah merek martabak kekinian yang merupakan bisnis generasi kedua pengusaha Arif Setyo Budi, yang dikembangkan Gibran sejak 2015. Melalui bisnis itu, Markobar merambah pasar di luar Indonesia, seperti Filipina. Markobar menjadi salah satu bisnis kuliner yang sukses di Indonesia.

  1. PT Siap Selalu Masa

Gibran juga mendirikan PT Siap Selalu Masa yang menghasilkan produk makanan ringan di beberapa outlet minimarket. Gibran juga merambah bisnis minuman tradisional, yakni Goola. Merek minuman yang telah dibuka di beberapa pusat perbelanjaan ini digarap Gibran bersama rekannya, Kevin Susanto.

  1. iColor

Selain bisnis kuliner, Gibran juga mencoba peruntungan di bidang teknologi. Pada tahun 2010, Gibran mendirikan iColor yang melayani perbaikan (service) produk Apple seperti iPhone, Macbook, iPad, dan iMac serta penjualan suku cadang dengan harga lebih terjangkau.

  1. Kerjaholic

Selain itu, Gibran juga mendirikan Kerjaholic, sebuah aplikasi khusus untuk mencari pekerjaan. Tujuan platform ini membantu fresh graduate membangun relasi dengan pekerja berpengalaman.

  1. Madhang Indonesia

Bisnis lain yang pernah dijalankan oleh Gibran adalah Madhang Indonesia. Bisnis ini berfokus pada layanan pesan antar makanan rumahan. 

  1. Tugas Negara Bos

Selain itu, Gibran juga terlibat dalam bisnis Tugas Negara Bos yang menjajakan produk jas hujan dan kaos (T-shirt). Nama Tugas Negara Bos sendiri dipilih karena ingin mengajak masyarakat berperan membangun negara. Bisnis sampingan yang mulai digarap pada 2017 bersama teman-temannya itu, diberi nama Tugas Negara Bos.

  1. Sang Pisang

Bisnis lain yang pernah dijalankan Gibran adalah Sang Pisang. Gerai pertamanya dibuka pada November 2017 lalu dan telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia hingga Malaysia. 

  1. Pasta Buntel

Selain itu, Gibran juga terlibat dalam bisnis Pasta Buntel yang menawarkan berbagai rasa pasta seperti rendang, opor, sampai sambal matah khas Bali. Gibran masuk sebagai penyuntik modal di Pasta Buntel.

  1. TernaKopi

Terakhir, Gibran Rakabuming juga merambah bisnis minuman olahan kopi dengan meluncurkan TernaKopi bersama kakaknya, Kaesang Pangarep. Produk usaha ini adalah minuman olahan kopi yang tersedia di beberapa outlet di Solo dan sekitarnya.

Sumber: Tempo.co

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)