Perjalanan Karir Wishnutama: NET TV, Menteri Jokowi, hingga Komisaris Telkomsel

Wishnutama Kusubandio resmi ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Wishnutama pun mengatakan dirinya siap melaksanakan tugas baru yang diberikan tersebut.

Berikut perjalanan Wishnutama yang selama ini lebih banyak dikenal sebagai jagonya pertelevisian ini, berikut cerita singkatnya:

Indosiar hingga NET TV

Pria kelahiran 4 Mei 1976 ini telah malang melintang berkarir di sejumlah televisi nasional. Dimulai pada 1994 ketika pulang studi dan berkarir di luar negeri, Wishnutama bergabung dengan Indosiar.

Selepas dari Indosiar, Ia bergabung dengan Trans TV dan menjadi Direktur Utama pada 2008. Hingga kemudian mendirikan NET TV pada 2013 dan menjadi CEO dan Komisaris Utama di stasiun televisi itu.

Menteri Pariwisata

Hingga kemudian pada 2019, Ia ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Walaupun saya tidak bercita-cita jadi menteri, tapi demi kebaikan bangsa saya bersedia," kata Wishnutama pada 21 Oktober 2019.

Komisaris Tokopedia

Usai dilantik menjadi menteri, muncul kabar kalau Wishnutama masih menjadi sebagai komisaris Tokopedia. Informasi itu berdasarkan Anggaran Dasar Tokopedia yang didaftarkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) per 26 Desember 2019.

Wishnutama pun dikabarkan berpotensi melanggar beleid Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008. Berdasarkan undang-undang itu, menteri tidak boleh menjabat sebagai petinggi, seperti komisaris, di perusahaan.

Belakang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memastikan Wishnutama telah mundur dari posisi Komisaris Tokopedia. "Beliau sudah melepaskan jabatan Komisaris Tokopedia pada Oktober 2019," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Agustini Rahayu, Senin, 18 Mei 2020.

Dicopot Jokowi

Tapi, hanya setahun lebih Wishnutama menjabat sebagai menteri. Ia dicopot Jokowi dan menyerahkan jabatan ke pengganti, Sandiaga Uno pada 23 Desember 2020.

Saat serah terima jabatan, Wishnutama berpesan kepada Sandiaga soal 13 juta pekerja sektor pariwisata dan 20 juta pekerja ekonomi kreatif. Mereka kini sedang terdampak pandemi Covid-19. "Semoga bisa bangkit jauh lebih baik." kata dia.

Kembali ke Tokopedia

Selang dua bulan usai dicopot jadi menteri, Wishnutama kembali ditunjuk Tokopedia menjadi sebagai komisaris. Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya yakin dengan pengalaman yang dimiliki Wishnutama dapat memberi nilai tambah bagi perusahaan.

“Selain itu memberikan nilai tambah terhadap institusi secara menyeluruh, hingga percepatan terwujudnya misi besar Tokopedia untuk Indonesia,” kata William dalam siaran pers, Jumat, 5 Februari 2021.

Komisaris Utama Telkomsel

Hingga kemudian, Ia kini menjadi komisaris utama Telkomsel. Di perusahaan barunya ini, Wishnutama memiliki tiga fokus untuk mengembangkan perusahaan. Salah satunya yaitu mendorong percepatan digitalisasi baik dari sisi layanan maupun manajemen. “Kami ingin Telkomsel digitalnya kuat. Di era seperti ini kita harus memanfaatkan akselerasi digital yang sangat luar biasa,” ujar Wishnutama, Kamis, 11 Februari 2021.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)