Perkuat Ekonomi Sirkular, Unilever dan Supra Boga Lestari Luncurkan Smart Drop Box

(Foto: Unilever)

Menguatkan komitmen edukasi ekonomi sirkular, PT Unilever Indonesia, Tbk., PT Supra Boga Lestari, Tbk., dan SMASH.id meluncurkan Smart Drop Box di Farmers Market Margo City.

Smart Drop Box merupakan tempat sampah yang dilengkapi dengan sistem pemindai barcode konsumen untuk mencatatkan sampah kemasan botol plastik yang mereka setorkan, baik dari brand Unilever maupun non Unilever. Setiap satu kemasan botol plastik produk Unilever yang disetorkan ke Smart Drop Box bernilai Rp 1.000,-. Nantinya nilai tersebut akan dikonversikan secara langsung sebagai poin trust pada aplikasi MyTRUST Farmers Market.

Dijelaskan oleh Maya Tamimi, Head of Sustainable Environment Unilever Indonesia Foundation, sejalan dengan strategi ‘The Unilever Compass’ yang salah satu pilar tujuannya adalah Membangun Planet yang Lebih Lestari, Unilever percaya bahwa sampah plastik memiliki tempat tersendiri dalam rantai ekonomi, tetapi tidak pada lingkungan.

Untuk itu, secara global, hingga 2025 Unilever memiliki target akan: (1) Mengurangi setengah dari penggunaan plastik baru; (2) Mendesain 100% kemasan plastik produknya agar dapat didaur ulang, digunakan kembali atau dapat diurai; (3) Membantu mengumpulkan dan memproses kemasan plastik lebih banyak daripada yang dijual; dan (4) Meningkatkan penggunaan konten plastik daur ulang (PCR) pada kemasan setidaknya sebanyak 25%.

“Kolaborasi Smart Drop Box didasari tujuan yang sama, yaitu menggalakkan edukasi mengenai pentingnya pilah sampah kepada konsumen. Melalui Smart Drop Box yang dikembangkan bersama, kami ingin membantu konsumen, para #GenerasiPilahPlastik, untuk mengelola sampahnya dengan lebih baik,” lanjut Maya.

Elvinda Liung, Customer Relation Manager PT Supra Boga Lestari, Tbk., turut menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk mengimplementasikan prinsip 3R yaitu Reduce, Reuse, Recycle dalam kegiatan bisnis.

“Oleh karena itu, kami menyambut baik kerja sama dengan Unilever Indonesia dan siap melakukan peranan kami sebagai pelaku usaha retail dengan menyediakan lokasi untuk Smart Drop Box di wilayah Jabodetabek," ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)